PENGARUH PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTS THORIQUL HUDA CATAKGAYAM MOJOWARNO JOMBANG

Authors

  • Dian Kusuma Wardani Statistika

Keywords:

Peran Orang Tua, Pendidikan Anak, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan analisis korelasi. Data diperoleh dari 74 siswa kelas VII MTs Thoriqul Huda Catakgayam, Mojowarno, Jombang. Data terkumpul melalui angket, kemudian dianalisis menggunakan analisis korelasi. Pada penelitian ini bertindak sebagai variabel bebas adalah peran orang tua dalam pendidikan anak (X) sedangkan bertindak sebagai variabel terikat adalah prestasi belajar siswa (Y). Berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi (r) diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan variabel X dan variabel Y. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan rhitung sebesar 0,812 dengan taraf kesalahan ditetapkan 1%  maka harga r tabel = 0,2664. Ternyata harga r hitung lebih besar dari harga r tabel, sehingga Ho ditolak. Dapat dikatakan bahwa ada hubungan positif antara peran orang tua dalam pendidikan anak dan prestasi belajar siswa .

References

M, Noor Rohinah. 2012. Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah dan di Rumah. Yogyakarta: Pedagogia

Purwanto, Nanang. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Murdoko, E. Widijo Hari. 2017. PARENTING with Leadership Peran Orang Tua Dalam Mengoptimalkan Dan Memberdayakan Potensi Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Downloads

Published

29-06-2019

How to Cite

Wardani, D. K. (2019). PENGARUH PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MTS THORIQUL HUDA CATAKGAYAM MOJOWARNO JOMBANG. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 2(3), 1–3. Retrieved from https://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/95

Issue

Section

Articles