PENGARUH MOTIVASI BELAJAR PENGASUH PONDOK PESANTREN PUTRI AS-SALMA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X DAN XI DI MAN 3 JOMBANG
Abstract
Penelitian kuantitaif ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar pengasuh pondok pesatren putri terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di MAN 3 Jombang. Data yang diambil dari sampel (n-49) dikumpul menggunakan observasi, angket dan dokumentasi lalu dianalisis menggunakan teknik analisis product moment .Hasil dari penelitian ini yang menggunakan product moment 0,627 > 0,281 ,ternyata harga r hitung lebih besar dari harga r tabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya ada hubungan positif dan nilai koefisien korelasi yang signifikan Motivasi Belajar pengasuh pondok pesantren dengan prestasi belajar pendidikan Agama Islam siswa kelas X dan XI di MAN 3 Jombang.
Kata Kunci: Motivasi belajar,Prestasi belajar, Pengaruh