Abstract

ABSTRAK


Zaenal, Arifin, Machnunah Ani Zulfah, Nilai - nilai pendidikan karakter dalam Surat Al-An’am Ayat 151 – 153 menurut Quraish Shihab dalam tafsir Al-Misbah dan implementasinya di sekolah.


Artikel  ini membahas tentang pendidikan karakter surat Al-An’am ayat 151-153 dalam tafsir Al-Misbah. Kajiannya dilatarbelakangi oleh adanya degradasi moral dan arus globalisasi.


Banyak kita temui pengabaian nilai – nilai pendidikan karakter. Padahal masalah pendidikan karakter tidak bisa dianggap remeh, karena merupakan kunci perubahan individu, sosial, atau kesejahteraan dan kebahagiaan hakiki. Di samping itu kajian ini juga dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Tafsir Al- Misbah Q.S Al-Anām ayat 151-153, dan bagaimana penerapan nilai-nilai pendidikan karakter  tersebut  dalam Pendidikan Agama Islam di indonesia.


Kesimpulan yang dapat diambil dari artikel ini yaitu, dalam tafsir Al-Misbah Surat Al-An’am ayat 151-153 mengandung sepuluh wasiat Allah. Yaitu: Larangan Berbuat Syirik, Berbakti kepada orang tua, Larangan membunuh anak karena miskin, Larangan mendekati zina, Larangan membunuh tanpa alasan yang benar, Larangan mendekati harta anak yatim, Perintah menyempurnakan timbangan, Perintah berkata jujur. Perintah, menepati janji, Perintah taqwa. Serta mengandung nilai nilai pendidikan karakter Takwa, Kasih sayang Tanggung jawab, Cinta damai, Peduli sosial, Amanah, Berkata jujur, dan berbuat adil. Adapun implementasi nilai nilai pendidikan karakter dalam Surat Al-An’am ayat 151-153 dengan pendidikan kekinian adalah dengan mengintregasikan di dalam proses pembelajaran di sekolah dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran pada semua mata pelajaran.


 


Kata Kunci: Nilai - Nilai, Pendidikan Karakter, Tafsir Al-Misbah