Abstract

Sosiodrama adalah metode mendramatisasikan situasi sosial sesuai materi pembelajaran yang dilakukan didalam kelas. Hasil belajar siswa merupakan suatu perubahan pada diri siswa yang diperoleh secara maksimal dari usaha belajar siswa yang dinyatakan dalam bentuk angka, huruf dan kalimat. Pelajaran Fiqih adalah hukum tentang perbuatan manusia yang diambil dari dalil-dalil terperinci. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran fiqih di kelas X MA Unggulan Wahab Hasbullah Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuisioner atau angket. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis korelasi Product Moment. Setelah dilakukan analisis terhadap data, diketahui bahwa, 1) metode sosiodrama di MA Unggulan Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang sebagian besar adalah mendapat kategori nilai sedang dengan prosentase sebesar 67%. 2) Hasil Belajar pelajaran Fiqih di MA Unggulan Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang sebagian besar mendapat nilai baik dengan prosentase sebesar 64%. 3) r hitung(0,0304) lebih kecil dari r tabel (0,344) dengan demikian Ho diterima dan H0 ditolak, koefisien korelasi 0,0304 tidak signifikansi. Ada pengaruh yang sangat lemah dari metode sosiodrama terhadap hasil belajar pada pelajaran fiqih di kelas X MA Unggulan Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang.