PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAPK MATA PELAJARAN USHUL FIQIH DI MAN 4 JOMBANG

Authors

  • Dian Kusuma Wardani Statistika
  • Ahmad Burhanuddin

DOI:

https://doi.org/10.32764/joems.v4i3.481

Keywords:

TGT, Ushul Fiqih, Hasil Belajar, Post Test, Uji t

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT  terhadap hasil belajar siswa kelas XI MAPK di MAN 4 Jombang. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XI MAPK 1 dan kelas XI MAPK 2 di MAN 4 Jombang. Kelas XI MAPK 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran TGT  dan kelas XI MAPK 1 sebagai kelas kontrol mengunakan model pembelajaran ceramah.  Teknik analisis data menggunakan uji “t” dan taraf nyata yang digunakan 0,05 (5%).Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran TGT terhadap hasil belajar Ushul Fiqih siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung< ttabel yaitu -5,99 < -1,96 dengan taraf signifikan 0,05. Selain itu dilihat dari segi perhitungan post-test kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran TGT menunjukkan nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran ceramah. Dari penelitian ini dapat simpulkan bahwa model pembelajaraan berpengaruh terhadap hasil belajar Ushul Fiqih.

References

Effendi, S. (2017). Ushul Fiqh. Jakarta: Kencana
Faturrohman, M. (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013.Yogyakarta: Kalimedia
Imron, A. (2013). Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share siswa kelas IV SDN Krapyakrejo II kota Pasuruan, Jurnal ilmu Pendidikan dan Pembelajaran , 1(2): Surabaya: Dinas Pendidikan ProvinsiJawa Timur dan Institut Pengembangan.
Riyanto A. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan.Surabaya:penerbit SIC
Rosyad A .(2013). Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Model STAD siswa kelas IV SDN Luwuk Kejayen Pasuruan, Jurnal ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2) :Surabaya: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Institut Pengembangan.
Sugiono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sukmadinanta, N. S, .(2010). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

09-06-2021

How to Cite

Wardani, D. K., & Burhanuddin, A. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAPK MATA PELAJARAN USHUL FIQIH DI MAN 4 JOMBANG. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 4(3), 29–36. https://doi.org/10.32764/joems.v4i3.481

Issue

Section

Articles