Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT  terhadap hasil belajar siswa kelas XI MAPK di MAN 4 Jombang. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XI MAPK 1 dan kelas XI MAPK 2 di MAN 4 Jombang. Kelas XI MAPK 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran TGT  dan kelas XI MAPK 1 sebagai kelas kontrol mengunakan model pembelajaran ceramah.  Teknik analisis data menggunakan uji “t” dan taraf nyata yang digunakan 0,05 (5%).Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran TGT terhadap hasil belajar Ushul Fiqih siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung< ttabel yaitu -5,99 < -1,96 dengan taraf signifikan 0,05. Selain itu dilihat dari segi perhitungan post-test kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran TGT menunjukkan nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran ceramah. Dari penelitian ini dapat simpulkan bahwa model pembelajaraan berpengaruh terhadap hasil belajar Ushul Fiqih.