MANAJEMEN PENDIDIKAN AKHLAQ DALAM MENGANTISIPASI DEKADENSI MORAL SISWA

Authors

  • izzuddin - Universitas K.H.A.Wahab Hasbulloh
  • Saat Ibnu Waqfin Universitas K.H.A.Wahab Hasbulloh

Keywords:

manajemen, pendidikan akhlak siswa, Dekadensi moral siswa

Abstract

  

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MA Unggulan KH. Abd. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang  pada tahun pelajaran 2019-2020. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, orang tua siswa.Sedangkan informan penelitian adalah kepala sekolah, guru, komite sekolah, orang tua, siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik keabsahan data menggunakan pengamatan, triangulasi (metode dan sumber). Teknik analisa data menggunakan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) manajemen pendidikan akhlak siswa di MA Unggulan KH.Abd. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang: a) dilakukan melalui kegiatan intrakulikuler, ekstrakulikuler, dan pembiasaan. Pelaksanaan manajemen tersebut berjalan secara terstruktur, terpadu, dan normatif yang dilandasi oleh nilai-nilai islam, serta dengan keteladanan. b) Kepala sekolah di MA Unggulan KH. Abd. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang telah menjalankan fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (orginizing),), pengarahan (directing),), pengawasan (controling) dan penilaian (evaluating). Faktor keberhasilan pendidikan akhlak siswa di MA Unggulan KH. Abd.Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang tidak terlepas dari kreatifitas kepala sekolah dalam mengelola pendidikan akhlak siswa di sekolah. Pendidikan akhlak siswa di MA Unggulan KH. Abd. Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang berhasil dikarenakan menggunakan strategi sebagai berikut: a) integrasi akhlak dalam visi, misi, dan tujuan sekolah, b) integrasi pendidikan karakter/budi pekerti yang berlandaskan nilai-nilai Islam ke dalam semua mata pelajaran, c) pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler dengan disertai penanaman nilai-nilai ajaran islam, d) pembentukan budaya islami di lingkungan sekolah juga di dukung oleh pennciptaan suasana sekolah yang kondusif, e) keluwesan kepala sekolah dalam menjalin kerjasama dengan berbagai pihak secara internal maupun eksternal. Penaggulangan dekadensi moral siswa di MA Unggulan KH. Abd.Wahab Hasbullah Tambakberas Jombang melaksanakan melalui pendekatan preventif dan represif.

References

Kuntjaraningrat.(1985). Kebudayaan, mentalitas. dan pembangunan. Jakarta: Gramedia.

Ketetapan MPR. RI. UU RI.(2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas

Sholihul Anshori.2013. Manajemen Pendidikan Akhlak dalam Mengantisipasi Dekadensi Moral Siswa. Al Ta’dib, Edisi 1 3

Muhammad Iskarim. 2016.Dekadensi Moral di Kalangan Pelajar.Edukasia Islamika: Volume I, Nomor 1

Zakiah Daradjat. 1979. Peranan Agama dalam Kesehatan Mental.Jakarta: Gunung Agung.
Dekadensi Moral di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI... 3 Jurnal Edukasia Islamika: Volume I, Nomor 1

Mujamil Qomar, Kesadaran Pendidikan; Sebagai Penentu Keberhasilan Pendidikan, (Cet. 1. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media,2012).

Mujamil Qomar, Kesadaran Pendidikan; Sebagai Penentu Keberhasilan Pendidikan, (Cet. 1. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media,2012).

Downloads

Published

13-04-2020

How to Cite

-, izzuddin, & Waqfin, S. I. (2020). MANAJEMEN PENDIDIKAN AKHLAQ DALAM MENGANTISIPASI DEKADENSI MORAL SISWA. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 3(2), 49–56. Retrieved from https://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/227

Issue

Section

Articles