Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Rendah di SDN Poja II
DOI:
https://doi.org/10.32764/joems.v8i5.1607Keywords:
Bahasa Indonesia, Kesulitan Membaca, Strategi GuruAbstract
Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menjelaskan metode yang digunakan guru di SDN Poja II untuk mengatasi kesulitan membaca yang dihadapi anak-anak kelas bawah. Tantangan membaca yang umum termasuk kurangnya keterampilan mengenali huruf, kesulitan mengeja, dan ketidakmampuan untuk memahami apa yang sedang dibaca. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, wawancara mendalam, serta analisis dokumentasi dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari guru yang mengajar di kelas I, II, dan III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan meliputi pendekatan fonik, penggunaan media gambar dan kartu kata, pembelajaran remedial secara individual, serta keterlibatan orang tua dalam proses belajar di rumah. Selain itu, terdapat faktor pendukung seperti ketersediaan media pembelajaran yang memadai dan dukungan sekolah, serta faktor penghambat seperti perbedaan tingkat kemampuan siswa dalam satu kelas. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan guru dalam literasi awal dan kolaborasi lebih intens antara sekolah dan orang tua
References
Adellia, B., Handayani, W. P., Aurelia, C., Andrian, F., & Adiwijaya, S. N. (2025). Strategi Guru dalam Mengatasi Hambatan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar FASHLUNA, 6(1), 20-27. DOI: https://doi.org/10.47625/fashluna.v6i1.863
Asmaniyah, A., & El-Yunusi, M. Y. M. (2024). Pendekatan Guru dalam Mengatasi Hambatan Membaca dan Menulis pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3). DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7595
Azkiya, N., & Ridhuan, S. (2023). Pendekatan Guru dalam Mengatasi Kendala Membaca Awal pada Siswa Kelas III SDN Duri Kepa 03 Jakarta Barat. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1). DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8266
Damayanti, Y. (2019). Pemanfaatan media visual berupa gambar untuk membantu mengatasi kesulitan dalam membaca. Jurnal PAUD dan Dasar, 5(1).
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Mendorong Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar melalui Intervensi Fonik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 3, No 5 (2021). DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526
Juhaeni, J., Ifain, A., Kurniakova, A. S., Tahmidah, A., Arifah, D. N., Friatnawati, S. F., Safaruddin, S., & Nurhayati, R. (2022). Pendekatan Guru dalam Mengatasi Hambatan Membaca pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 2(3), 126-134. DOI: https://doi.org/10.53621/jider.v2i3.74
Slameto. (2021). Remedial teaching sebagai strategi untuk meningkatkan capaian belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 25-32.
Somadayo, S. (2019). Literasi Dini: Prinsip dan penerapan dalam proses pembelajaran anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 80-87.
Sukijan, A., Simega, B., & Tanduk, R. (2024). Pendekatan guru dalam meningkatkan keterampilan membaca awal pada siswa kelas rendah. Deepublish. DOI: https://doi.org/10.47233/jpst.v3i3.1970
Tarigan, H. G. (2018). Penerapan pengajaran fonetik dalam proses pembelajaran membaca di sekolah dasar. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 45-52.
Teale, W. H., & Sulzby, E. (1986). Emergent literacy: Writing and reading. Ablex Publishing.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Yuliani, R. (2020). Dampak aktivitas membaca bersama terhadap keterampilan membaca siswa kelas rendah. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 4(2), 95-103.




