Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar struktur aljabar I dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa (2) mengembangkan bahan ajar struktur aljabar I dalam meningkatkan kemampuan pembuktian matematis mahasiswa dan (3) mengetahui kemampuan pemahaman matematis mahasiswa setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. (4) mengetahui kemampuan pembuktian matematis mahasiswa setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development approach dengan menggunakan model 4-D (Four- D Models). Subjek penelitian adalah mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah yang mengambil matakuliah struktur aljabar I pada semester genap tahun akademik 2017/2018 yang terdiri atas satu kelas. Data dianalisis melalui perpaduan deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) & (2) bahan ajar struktur aljabar I yang telah disusun tergolong valid baik dari segi kecermatan isi, ketercernaan, penggunaan bahasa, maupun perwajahan, dengan beberapa catatan perbaikan, (3 & 4) penggunaan bahan ajar struktur aljabar dapat mengembangkan kemampuan pemahaman dan  pembuktian matematis sebesar 29,75% dan 18,84%.