Annizar, A. M. R., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39-55.
Devlin, K. (2019). How technology has changed what it means to think
mathematically. In Interdisciplinary Perspectives on Math Cognition (pp.
53-78). Springer, Cham.
Edo, S., Hartono, Y., & Putri, R. (2014). Investigating Secondary School Students’ Difficulties in Modeling Problems PISA Model Level 5 And 6. IndoMS.J.M.E, 4(1), 41-58.
Johar, R. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1, 30-41. Johar, R., & Zainabar. (2013). Student’s Performance On Shape and Space Task of PISA Question. Proceeding International Conference On Education, 449–454
Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18-29.
OECD (2013), PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy, OECD Publishing. http://dx.doi.org/10.1787/9789264190511-en
OECD (2014). PISA 2012 Result in Focus: What 15-years-olds know and what
they can do with what they know. Paris: OECD Publishing.
Pratiwi, I. (2017). EFEK PROGRAM PISA TERHADAP KURIKULUM DI INDONESIA PISA EFFECT ON CURRICULUM IN INDONESIA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4, 51-71. doi:10.24832/jpnk.V4i1.1157.
Priyambodo, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik dengan Metode Pembelajaran Personalized System of Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5, 10-17.
Sasongko, T., Dafik, & Oktavianingtyas, E. (2016). Pengembangan Paket Soal Model PISA Konten Space and Shape untuk Mengetahui Level Literasi Matematika peserta didik SMP. Jurnal Edukasi, 27-32.
Satiti, W. S., & Verdianingsih, E. (2019). Penggunaan Scaffolding untuk Mengatasi
Kesulitan Problem Solving Mahasiswa Calon Guru. JMPM: Jurnal
Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 113–127.
https://doi.org/https://doi.org/10.26594/jmpm.v4i2.1680.
Satiti, W. S., & Wulandari, K. (2021). Students' Ability To Think Mathematically in Solving PISA Mathematics Problems Content Change and Relationship. MEJ (Mathematics Education Journal), 5(1).
SEAMEO-RECSAM. (2017). SEAMEO Basic Education Standards (SEA-BES): Common Core Regional Learning Standards (CCRLS) in Mathematics and Science. (D. D. Mangao, N. J. Ahmad, & M. Isoda, Eds.). Penang, Malaysia:
Unit Publikasi SEAMEORECSAM.
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287-298.
Stacey, K. (2015). The international assessment of mathematical literacy: PISA
2012 framework and items. In The 12th International Congress on
Mathematical Education (pp. 771–790). Springer, Cham.
Syafa’ah, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar Materi Pokok Konsep Pembagian dengan Pendekatan Inquiry Siswa Kelas III SDN Jatimulyo II Malang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Sugiyono, P. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Supriyanto, A., Mardiyana, & Subanti,S. (2014). KARAKTERISTIK BERPIKIR MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP MAJELIS TAFSIF AL-QUR'AN (MTA) GEMOLONG DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN PESERTA DIDIK DAN GENDER.Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2(10).1056-1068. http://jurnal.fkip.uns.ac.id.
Thohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. doi:10.17605/OSF.IO/8Q9VY
Wati, E., & Murtiyasa, B. (2016, Maret 12). KESALAHAN PESERTA DIDIK SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS PISA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP. 199-209.