Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas Vl
Keywords:
pengembangan, multimedia interaktif, bangun ruang sisi lengkungAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan pengembangan multimedia interaktif yang layak digunakan dalam pembelajaran materi bangun ruang sisi lengkung siswa kelas VI penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall meliputi tahapan sebagai berikut a) research and information collecting b) planning c) develop preliminary from of product d) preliminary field testing e) main product revision f) main field testing g) operastional product revision h) operational field testing i) final product revision dan j) dissemination and implementation, namun pada penelitian ini dibatasi sampai sembilan tahap, tahap dissemination and implementation tidak dilakukan. Pada penelitian ini menggunakan model. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) uji kelayakan ahli media yang mendapatkan skor 4,53 (sangat baik),(2) uji kelayakan ahli materi yang mendapatkan skor 4,13 (baik) dan (3) uji kelayakan pengguna yang mendapatkan skor 4,26 (baik) untuk uji coba lapangan awal, 4,21 (sangat baik) untuk uji coba lapangan utama, dan 4, 30 (baik) untuk uji coba lapangan operasional.
References
Daryanto. 2012. Media pembelajaran. PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.Bandung
Dinasari Nugraheni Haryono. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai MediaPembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Koperasi Bagi Siswa Kelas Iv Sd Negeri
Tegalpanggung Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Locatis, Craig N & Atkinson, Francis D. (1984). Media and Technology for
Educration and Training. Columbus: Bell & Howell Company
Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar
Kompetensi Guru. PT.Remaja Rosdakarya. Bandung.
Niarti, Novi. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Menyimak Untuk Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Program Studi Magister Keguruan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif
dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sukmadinata, Nana S. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja
Rosdakarya. Bandung.
Educational Research. Anintroduction (4th ed.). Longman Inc. New York.
Daryanto. 2012. Media pembelajaran. PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.Bandung
Dinasari Nugraheni Haryono. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai MediaPembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Koperasi Bagi Siswa Kelas Iv Sd Negeri
Tegalpanggung Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Locatis, Craig N & Atkinson, Francis D. (1984). Media and Technology for
Educration and Training. Columbus: Bell & Howell Company
Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar
Kompetensi Guru. PT.Remaja Rosdakarya. Bandung.
Niarti, Novi. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Menyimak Untuk Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Program Studi Magister Keguruan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif
dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sukmadinata, Nana S. 2007. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja
Rosdakarya. Bandung.