1. Puskur. 2006. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
2. Simangunsong, Ika Trisni & Ridwan, A. Sani. 2012. Analisis Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Fisika dengan Problem Based Instruction (PDI) dan Direct Instruction (DI). Jurnal Online Pendidikan Fisika (ISSN 2301-7651), Vol 1 No 2 pp. 50-57.
3. Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Science Achievement of Fourth-and Eighhth-Graders in 2011. (Online), (http:// http://nces.ed.gov/Timss/table11_5.asp), diakses 12 Juni 2013.
4. Rusilowati, Ani. 2006. Profil Kesulitan Belajar Fisika Pokok Bahasan Kelistrikan Siswa SMA di Kota Semarang, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol 4 No 2 pp. 100-106.
5. Renner, J.W., Abraham M.R.,Birnie, H.H. 1988. The Necessity of Each Phase of The Learning Cycle ini Teaching High School Physics. Journal of Research in Science Teaching. Vol 25 No 1 pp. 39-58.
6. Dasna , I. W. 2005. Model Siklus belajar (Learning Cycle) Kajian Teori dan Implementasinya dalam Pembelajaran Kimia. I.W. Dasna & Sutrisno (Eds). Model-Model Pembelajaran Konstruktivis dalam Pengajaran Sains/Kimia (pp. 66 - 87). Malang: FMIPA UM.
7. Iskandar, S.M. 2004. Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif untuk Mengatasi Kesulitan Siswa Kelas 1 SMU Memahami Pokok Bahasan Alkana, Alkena, dan Alkuna dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme. Makalah disajikan dalam Seminar Procceding, JICA, Malang, 21 Agustus.
8. Maysara. 2006. Keefektifan Model Pembelajaran Learning Cycle Ditinjau dari Prestasi belajar dan Persepsi Sisw untuk Topic Bahasan laju reaksi Pada Siswa kelas II SMA Negeri 4 Kendari. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS UM.
9. Zahri, Fatimah. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kualitas Proses, Hasil Belajar, Dan Retensi Hasil Belajar. Jurnal Sains, Vol 39 No 1. (Online), diakses 22 Mei 2013.
10. Stuessy, C. L & Metty, S. S. 2007. The Learning Research Cycle: Bridging Research and Practice. Journal Science Teacher Education, Vol 18 pp. 725-750.
11. Rajagukguk, Waminto. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Penerapan Teori Belajar Bruner pada Pokok Bahasan Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Aek Kanopan t.a. 2009/2010. Jurnal Visi, Vol 19 No 1 pp. 427-442.
12. Turkmen, H. & Usta, E. 2007. The Role of Learning Cycle Approach in Overcoming Misconseption in Science. Kastamonu Education Journal, Vol 15 No 2 pp. 491-500.
13. Rosengrant, D, Van Heuvelen, A, Etkina. 2009. Do Student Use and Understand Free-Body Diagrams? Physiscs Education Research, Vol 5 No 9 pp. 28-29.
14. Kartini. 2007. Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Model Learning Cycle Diagram Alir untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Laboratorium UM pada Konsep Stoikiometri Larutan dan Larutan Penyangga. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS UM.
15. Herunata, Laurent Octaviana, Oktavia Sulistina. 2006. Upaya Mengoptimalkan Pemahaman Konsep Elektrokimia Siswa Kelas 3 IPA SMAI Almaarif Singosari dengan Learning Cycle 5 Fase (LC-5E) Berbantuan Bahan Ajar Terpadu Berbasis Pendekatan Makroskopis-mikroskopis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), Vol 13 No 1.
16. Rahayuningsih, Rina. M. Masykuri. Budi Utami. 2012. Penerapan Siklus Belajar 5E (learning cycle 5e) disertai Peta Konsep untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol 1 No 1 pp. 51-58.
17. Sari, Cynthia Sandi Danar, Bakti Mulyani, Budi Utami. 2013. Penerapan Siklus Belajar 5E (learning cycle 5e) dengan Penilaian Portofolio untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kartasura Tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol 2 No 1 pp. 1-6.
18. Fajaroh, F., Dasna, I.W. 2003. Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Kimia Zat Aditif Dalam Bahan Makanan Pada Siswa Kelas II SMU Negeri 1 Tumpang – Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 11 No 2 pp. 112-122.
19. Gok, T. & Silay, I. 2010. The Effects of Problem Solving Strategies on Students’ Achievement, Attitude and Motivation. Lat. Am. J. Phys. Educ., Vol 4 No 1 pp. 12-13.
20. Taboada, A. & Guthrie, J. 2006. Contributions of Student Questioning and Prior Knowledge to Construction of Knowledge from Reading Information Texts. Journal of Literacy Research, Vol 38 No 1 pp. 1-35.
21. Nason, S. M., Anderson, D. & Nielsen, W. S. 2009. An Instructional Challenge Through Problem Solving for Physics Teacher Candidates. Asia-Pasific Forum on Science Learning and Teaching, Vol 10 No 1 pp. 1-21.
22. Hartono, Makmur. & Sahvar. 2012. Analisis Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pembelajaran Langsung Menggunakan Bantuan Peta Konsep. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika (ISSN 2085-5281), Vol 4 No 2 pp. 44-50.
23. Costa, Arthur, L. 1985. Thinking Skills: Meaning and Models. Developing of Minds A Resource Book for Teaching Thinking (hlm. 43-48). Virginia: ASCD Publication.
24. Ainsworth, S. 2006. DeFT. A Conceptual Framework For Considering Learning with Multiple Representations. Nottingham: School of Psychology and Learning Sciences Research Institute University of Nottingham. Vol 16 No 3 pp. 183-196.
25. Beringer, J. 2007. Application of Problem Based Learning Through Research Investigation. Journal of Geography in Higher Education, Vol 31 No 3 pp. 445-457.
26. Lohman, M. C. & Finkelstein, M. 2002. Designing Case in Problem Based Learning to Foster Probem Solving Skill. Eur. J. Dent Educ, Vol 6 No 1 pp. 121-127.
27. Ali, A. H. & Rubani, S. N. K. 2009. Student-Centered Learning: An Approach in Physics Learning Style Using Problem Based Learning Method. Malaysian Online Journal of Instruction Technology, Vol 6 No 2 pp. 109-121.
28. Kendeou, P. & Van den Broek, P. 2007. The Effect of Prior Knowledge and Text Structure on Comprehension Processes During Reading of Scientific Texts. Memory & Cognition Journal, Vol 35 No 7 pp. 1567-1577.
29. Dahar, Ratna Wilis. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta : Erlangga.
30. Hodson, D. 1998. Teaching & Learning Science: Towards a Personalized Approach. Buckingham: Open University.
31. Mallet, D. 2007. Multiple representations for systems of Linear Equation via The Computer Algebra System Maple. International Electronic Journal of Mathematics Education, Vol 2 Noo 1 pp. 89-90.
32. Nguyen, D, Rebello, S. 2009. Students’ Difficulties in Transfer of Problem Solving across Representations http://www.compadre.org/per/ittems/detail.cfm?ID=9488, (Online), diakses 5 Oktober 2012.