Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan, di antaranya tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum: (1) Untuk mengetahui secara dekat keadaan pribadi mahasiswa yang mempunyai permasalahan, (2) Sebagai pertimbangan untuk menemukan jalan keluar (solusi) bagi kasus yang dihadapi mahasiswa.


Tujuan khusus: (1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar mahasiswa pada mata pelajaran matematika, (2) Untuk memecahkan masalah dan menetapkan jalan pemecahan yang paling tepat terhadap masalah atau kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam memahami matakuliah matematika khususnya, (3) Untuk memperluas wawasan tentang penanganan masalah mahasiswa di universitas KH. A. Wahab Hasbullah, (4) Untuk bekal di masa mendatang dalam menata kehidupan dan mempersiapkan diri sebagai calon pendidik. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif eksploratif data kualitatif yaitu menggali data selengkap-lengkapnya dari mahasiswa yang dijadikan obyek penelitian sesuai dengan permasalahan yang dijadikan dalam studi kasus ini. Data kualitatif ini disusun secara terperinci dengan mengambil keterangan latar belakang individu dan kondisi keluarga.Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah:wawancara, observasi dan angket. Adapun hasil dari penelitian berupa diagnosis kesulitan belajar yang meliputi analisis data diri mahasiswa, beberapa faktor-faktor penyebab dan cara mengatasinya, faktor intelektual, faktor kependidikan, lingkungan keluarga, ligkungan sosial (teman dan sahabat).