Pengembangan Worksheet Bahasa Inggris Berbasis Guided Discovery untuk Siswa Sekolah Dasar
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Worksheet Bahasa Inggris Berbasis Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) pada mata pelajaran Bahasa Inggris untuk siswa kelas 6 SD Dapurkejambon Jombang. Berdasarkan hasil penyebaran angket analisis kebutuhan siswa dan guru, serta karakteristik dan motivasi siswa, dapat disimpulkan bahwa selama ini bahan ajar yang digunakan pada mata pelajaran Bahasa Inggris adalah buku yang disediakan oleh pihak sekolah tanpa disertai lembar kerja siswa Dan bisa dibilang bahan ajar tersebut kurang akan latihan latihan untuk para siswa. Upaya untuk membantu proses pembelajaran terhadap pada Mata pelajaran Bahasa Inggris salah satunya adalah dengan dikembangkan worksheet berbasis penemuan terbimbing (Guided Discovery) pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan 4D(define, design, develop, disseminate). Untuk peneliti selanjutnya dianjurkan untuk meneliti atau mngembangkan media yang sama pada tingkat sekkolah yang berbeda