Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 16 Jombang
Abstract
Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor penentu yang dapat menggerakkan semua sumber daya sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kedisiplinan adalah teladan pemimpin, teladan pemimpin sangat berperan dalam menentukan kedisiplinan seseorang karena pimpinan dijadikan teladan dan panutan oleh para bawahannya. Kepala Madrasah MTsN 16 Jombang adalah pemimpin sekolah yang menerapkan kedisiplinan dan menjadi teladan bagi guru disekolah. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya yang kepala madrasah gunakan agar dapat meningkatkan kedisiplinan guru di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan pengambilan datanya menggunakan wawancara dan observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan Kepala Madrasah MTsN 16 Jombang adalah gaya demokratis dengan upaya yang dilakukan kepala madarasah yaitu menjadi teladan yang baik bagi guru maka tingkat kedisiplinan guru di MTsN 16 Jombang termasuk guru yang cukup disiplin walaupun banyak kendala dalam proses peningkatannya. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan suatu kesimpulan bahwa kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan juga mempunyai peran yang sangat penting untuk membentuk guru menjadi pribadi yang lebih disiplin dalam segala hal