Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia Fisika Berbasis Scientific Inquiry Learning dengan Nilai Karakter Islami pada Tema Cahaya
Abstract
Penggunaan media pembelajaran secara optimal menjadi bagian strategis dari penerapan kurikulum 2013. Namun, pada kenyataannya belum optimalnya penggunaan media pembelajaran di dalam kelas, oleh karena itu dibutuhkan suatu media berupa ensiklopedia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran ensiklopedia Fisika berbasis scientific inquiry learning dengan nilai karakter islami pada tema Cahaya dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran tersebut. Desain penelitian menggunakan model 4D oleh Thiagarajan, Semmel, & Semmel yang disederhanakan. Prosedur penelitiannya yaitu: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ensiklopedia Fisika berbasis scientific inquiry learning dengan nilai karakter islami pada tema Cahaya memperoleh nilai rata-rata 3,61 yang berarti layak dari tim validator. Sedangkan dari pembaca diperoleh nilai rata-rata 3,72 yang berarti ensiklopedia Fisika yang disusun telah layak untuk diimplementasikan. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan di masa mendatang media ini bisa disebarluaskan dan ada penelitian lanjutan mengenai ensiklopedia Fsika dengan tema yang berbeda.