Media Pembelajaran 3 Dimensi Materi Polinasi dan Fertilisasi Tumbuhan Berbiji
Keywords:
media pembelajaran 3 dimensi, polinasi dan fertilisasi, tumbuhan berbijiAbstract
Media pembelajaran merupakan sarana komunikasi antara pendidik dengan peserta didik dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran memiliki beragam jenis, satu di antaranya adalah media 3 dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran 3 dimensi materi polinasi dan fertilisasi tumbuhan berbiji untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode penelitian yang digunakan mengikuti model pengembangan ASSURE (Analyze learner;State performance objectives; Select methods, media, and materials; Utilize materials; Requires learner participation; Evaluate and revise). Media yang telah dikembangkan selanjutnya dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi akan direvisi dan diuji coba kepada pengguna, (peserta didik). Analisis data dilakukan secara deskriptif. Media pembelajaran 3 dimensi yang dikembangkan mendapat nilai 88,80% dengan kriteria sangat layak dari ahli materi; 93,85% dengan kriteria sangat layak dari ahli media; dan 90,10% dengan kriteria sangat menarik dari pengguna.
Kata Kunci: media pembelajaran 3 dimensi, polinasi dan fertilisasi, tumbuhan berbiji
References
Azhar, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Febiharsa, D. dan Djuniadi. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of SECE (Studies in Early Childhood Education), 75-84.
Krisnawati, A. dan Supriyono. (2013). Penggunaan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2): 1-7.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1): 19-35.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.