Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Siswa Kelas XI-MIA MA Bahrul Ulum Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik di MA Bahrul Ulum Tambakberas Jombang Class XI-MIA Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 3 siklus penelitian, disetiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi KBM. Hasil penelitian model pembelajaran ini meningkatkan hasil belasar peserta didik menggunakan perhitungan N-Gain dengan jumlah prosentase terbesar berada pada siklus ke tiga sebesar 48,55% dan katagori ini termasuk pada katagori sedang. Selain terjadi peningkatan pada hasil belajar, model pembelajaran Group Investigation ini membuat peserta didik menjadi lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.