Minat Beli pada Marketplace yang berbasis UMKM : Tokopedia dan Bukalapak
Abstract
Perkembangan internet mengalami kemajuan yang sangat pesat di Indonesia. Seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak signifikan kehadiran internet salah satunya yaitu sektor bisnis sedangkan individu merupakan pelaku internet yang memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun. Minat merupakan salah sutu prediktor dari perilaku konsumen karena minat menggambarkan bagaimana perilaku seseorang terhadap sesuatu.Para pebisnis telah berhasil mengembangkan bisnisnya melalui media internet.Laman marketplace merupakan situs yang digunakan oleh pebisnis untuk memudahkan pembeli dalam mencari toko daring yang diinginkan, diantaranya seperti Tokopedia.com dan Bukalapak.com.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan minat beli di Tokopedia.com dan Bukalapak.com.Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis penelitian komparatif.Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan menentukan anggota sampel menggunakan accidentalsampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan minat beli di Tokopedia.com dan Bukalapak.com.Hasil analisis tersebut dapat menjadi tantangan untuk para pebisnis agar lebih meningkatkan strategi bersaing di toko daring