PEMETAAN IMAGE KONSUMEN TERHADAP KOMODITAS UNGGULAN BUAH SALAK PONDOH DI JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.32764/sigmagri.v5i1.1528Keywords:
Pemetaan Image, Konsumen, Salak PondohAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi dalam keputusan pembelian dari segi rasa, warna, harga, kualitas, tekstur dan ukuran dalam keputusan pembelian buah salak pondoh di Jombang. Pada penelitian ini menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Analisi Deskriptif dan Analisis Korespondensi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari Uji Deskriptif nilai maksimum mencapai angka 16.000 dengan nilai rata-rata sebesar 8.3800. memiliki standar devisiasi angka sebesar 1.94770 dinyatakan signifikan. Hasil Uji Korespondensi variabel rasa 61,0% dengan nilai eigen 75,2%, nilai C-square 2303,406 P Value < 0,05. Variabel tekstur 74,5% dengan nilai eigen 89,7%, nilai C-square 1404,989 P Value < 0,05. Variabel kualitas 47,2% dengan nilai eigen 69,8%, nilai C-square 3381,037 P Value < 0,05. Variabel rasa 77,4% dengan nilai eigen 49,7%, nilai C-square 858,459 P Value < 0,05. Variabel warna 75,5% dengan nilai eigen 50,9%, nilai C-square 4090,960 P Value < 0,05. Variabel ukuran 71,0% dengan nilai eigen 47,2%, nilai C-square 476,786 P Value < 0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa dari variabel rasa, warna, harga, kualitas, tekstur dan ukuran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada pemetaan image konsumen terhadap komoditas unggulan buah salak pondoh di Jombang.
References
BPS, (2023). Statistik Pertanian Kabupaten Jombang Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian.
BPS, (2021). Statistik Pertanian Hortikultura SPH-BST/ BPS-Statistics Indonesia, Agricultural Statistic for Horticulture SPH-BST
Dewani, S. L., Azmi, R., Rangkuti, A. A., Nugrahani, R. U., Tiong, P., Edris, M., & Wijaya, L. (2024). Manajemen Pemasaran. Pradina Pustaka.
Ginting, N. B. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Sekar Mulia Abadi Medan. AJIE (Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship), 130-139.
Hapsari, D. P., Senjawati, N. D., & Utami, H. H. (2023). Pengaruh Faktor Sikap, Gaya Hidup, Budaya, Kelompok Acuan, Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cokelat Premium Di Won. dis Cokelat. Journal of Agricultural Social and Business, 2(2), 21-29.
Harsono, S. N. H. (2024). Peranan Badan Pengawas Obat Dan Makanan (Bpom) Dalam Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Obat Tradisional Tawon Klanceng Raja Sirandi Studi Kasus Bpom Banyuwangi. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(7).
HASDAR, H. (2013). Pemetaan Persepsi Relatif Konsumen Handphone Merek Nokia, Samsung, Blackberry Dan I Phone Di Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Hassanuddin).
Khasan, U., & Fauziyah, E. (2019). Pemetaan Image Konsumen Terhadap Produk White Coffee Di Hypermart Bangkalan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(2), 78-88.
Mahyuddin, M. J. (2016). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(1), 1.
Mariana, I., Sofilda, E., & Harris, F. (2025). Geographical Indication Commercialisation Policy through Tourism Sector on Economic Prosperity. OIDA International Journal of Sustainable Development, 18(03), 51-64.
Mulyani, S., & Prasetyo, D. T. (2024). Peranan Koperasi Dalam Meningkatkan Pendapatan Dan Kesejahteraan Peternak Sapi Perah Dalam Tinjauan Ekonomi Syariah:(Studi Pada Koperasi Peternakan Sapi Perah Setia Kawan Nongkojajar, Kabupaten Pasuruan). Al-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 6(2), 300-320.
Nasution, F. I., Andasuryani, A., & Putri, R. E. (2021). Pengembangan Metode Image Processing Untuk Grading Buah Salak Padang Sidempuan (Salacca Sumatrana). Jurnal Teknologi Pertanian Andalas, 25(2), 249-257.
Ono, S. (2020). Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55-61.
Pertanian, K. (2024). Buku Atap Hortikultura 2023. Jakarta: Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian.
Paloma, C., Raesi, S., & Yusmarni, Y. (2023). Analisis Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik di Kota Padang. Journal of Agribusiness and Community Empowerment (Jace), 6(2), 93–102. https://doi.org/10.32530/jace.v6i2.681
Rasmikayati, E., Pardian, P., Hapsari, H., Ikhsan, R. M., & Saefudin, B. R. (2017). Kajian Sikap Dan Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Kopi Serta Pendapatnya Terhadap Varian Produk Dan Potensi Kedainya. Mimbar Agribisnis, 3(2), 117-133.
Riwoe, F. L. R., & Purba, J. H. V. (2021). Analisis Sikap Multiatribut Fishbein Dalam Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Kampus IBI Kesatuan. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 5(1), 39-48.
Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama MAN 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432-439.
Sinaga, M. A. P. (2022). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Izin Dokter Praktik Di Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: ALFABETA
Suryani, N. I., & Batu, R. L. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone Di Kota Bogor. YUME: Journal of Management, 4(2).
Suyanto, M. M. (2020). Analisis Niat Membeli Kembali Pada Healthy Restaurant Dengan Pendekatan Teori Stimulus-Organism-Response (SOR).
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(2).
Tinambo, T. A., & Sunaryanto, L. T. (2021). Factors Affecting Consumer Decisions in Purchasing Vegetables Salatiga Bale Hydroponics. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 8, 762–771.
Widodo, P., & Herawati, W. (2019). Distribution of Salacca zalacca ‘ Kelapa .’ 36(1), 10–14. https://doi.org/10.20884/1.mib.2019.36.1.634