Analisis Sikap Konsumen Terhadap Produk Olahan Pisang Di Pondok Pesantren An-Nashriyah Bahrul Ulum Jombang

  • Anjar Winarko Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Septi Ambar Indraningtia Sukma Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Miftachul Chusnah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Keywords: Atribut Produk, Metode Fishbien, Produk Olahan Pisang, Sikap Konsumen

Abstract

Pisang merupakan salah satu jenis komoditi holtikultura dalam kelompok buah-buahan yang memiliki nilai sosial dan ekonomi cukup tinggi bagi masyarakat Indonesia. Produk olahan pisang menjadi salah satu produk makanan dan minuman yang popular di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang. Selain karena rasanya yang enak, harga produk olahan pisang juga terjangkau di kalangan pesantren. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis sikap konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian olahan pisang dan mendeskripsikan perbedaan sikap konsumen terhadap atribut berbagai produk olahan pisang. Penelitian menggunakan pendekatan diskriptif kuantitatif, yaitu dengan pendekatan multi-atribut model dan norma subyektif model. Populasi dalam penelitian adalah semua konsumen yang pernah membeli produk olahan pisang di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren An Nashriyah Bahrul Ulum yang mengonsumsi produk olahan pisang. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan menggunakan bantuan Software IBM SPSS Statistics Versi 20. Sikap konsumen dianalisis menggunakan analisis Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap konsumen terhadap produk olahan pisang umumnya positif. Mayoritas responden menunjukkan sikap setuju atau sangat setuju terhadap atribut-atribut produk, yaitu rasa, aroma, tekstur, harga, dan warna. Sikap konsumen yang positif ini menunjukkan bahwa mereka puas dengan kualitas produk olahan pisang yang mereka konsumsi dan cenderung menyukai produk tersebut. Sikap konsumen terhadap berbagai atribut produk olahan pisang menunjukkan variasi yang menarik. Semua atribut rasa, aroma, tekstur, harga, dan warna mendapatkan penilaian positif dari mayoritas responden.

References

Amam, Z., Fanani, dan B. A. Nugroho. 2016. Analis sikap konsumen terhadap susu bubuk berkalsium tinggi dengan menggunakan multi-atribut dan norma subyektif model. J. Wacana. 19 (1): 1-12.
An Nasyith, N. 2018. Sejarah perkembangan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum di Tambakberas Jombang 1987-2006 (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Ari, A. (2016). Pisang pada pembuatan banana muffin dan tepung pisang pada pembuatan banana cheese cake. Tugas Akhir Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Arifki, H. H., & Barliana, M. I. (2018). Karakteristik dan Manfaat Tumbuhan Pisang Di Indonesia : Review Artikel. Jurnal Farmaka, 16(3), 196–203.
De Langhe, E., Vrydaghs, L., De, P., Perrier, X., & Denham, T. (2009). 356-1778-1-Pb. A Journal of Plants, People and Appllied Research, 7, 165–177.
Fauziah, K. N., Sudianto, S., & Nabella, S. D. (2022). Pengaruh Kelengkapan Data, Ketelitian, Kecepatan Dan Ketepatan Waktu Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt Federal International Finance (Fif) Cabang Batam. Postgraduate Management Journal, 2(1), 40-51.
Hafidzi, A. H., & Rahayu, J. Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa (Studi Kasus JNT Ekspress Cabang Mlandingan Kabupaten Situbondo).
Hapsari, D. P., Maulita, D., & Umdiana, N. (2019). Peningkatan Ekonomi Rumah Tangga Dengan Pengolahan Pisang. Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 78. https://doi.org/10.30656/ka.v1i2.1586
Kotler, P., & Keller, K. L. (1992). Perilaku Konsumen. PT Midas Surya Grafindo, Jakarta.
Kotler & Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Penerbit Erlangga, Jakarta\
Kotler, P. (2000). Marketing Management, Millenium Edition. Marketing Management, 23(6), 188–193. https://doi.org/10.1016/0024-6301(90)90145-T
Kotler, P. (2005). Armstrong: Principles of Marketing.
Meisanto, R. D., Adawiyah, R., Kasymir, E., & Brodjonegoro, J. P. D. S. (2021). Sikap dan Kepuasan Konsumen Dalam Pembelian Bolen Pisang CV. Mayang Sari di Kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 9(4), 693-700.
Nofri, O., & Hafifah, A. (2018). Analisis perilaku konsumen dalam melakukan online shopping di kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 113-132.
Nurainy, F., Hidayati, S., Koesoemawardani, D., & Suroso, E. (2017). Penyuluhan dan pelatihan pengolahan sale pisang kelompok usaha bersama aisyah di desa sukajawa kecamatan bumi ratu nuban kabupaten lampung tengah. 2012, 11–13.
Prastiwi, W.D., & Setiyawan, H. (2016). Perilaku Konsumsi Susu Cair Masyarakat di Daerah Perkotaan dan Pedesaan. Jurnal Agriekonomika, 5(1): 41-53.
Safitri, N., Firmansyah, H., & Ferrianta, Y. (2020). Analisis Sikap dan Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Bunga Segar di Pasar Rakyat Kayutangi Kota Martapura, Kabupaten Banjar. Frontier Agribisnis, 4(1).
Santoso, P. A., Sudiyarto, S., & Parsudi, S. (2022). Sikap Konsumen Terhadap Atribut Susu Sapi Segar Dan Susu Cair Dalam Kemasan Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 9(1), 152-162.
Singarimbun, M. dan Efendi, S. 1995. Metode Penelitian Survei. Cetakan Kedua. LP3S. Jakarta.
Sumarwan, Ujang. (2004). Perilaku konsumen: Teori dan Penerapan dalam pemasaran Edisi Pertama. Ghalia Indonesia, Bogor
Trihastuti, A. E., & SI, K. (2020). Manajemen Pemasaran Plus++. Deepublish.

Meilia, A., Zakaria, W. A., dan Prasmatiwi, F. E. (2014). Ketahanan pangan rumah tangga petani kopi di Kabupaten Lampung Barat. JIIA, 2(2), 133– 141
Purwaningsih, Y., Hartono, S., Masyhuri., Mulyo, J. H. (2010). Analisis Permintaan Pangan Rumah Tangga Menurut Tingkat Ketahanan Pangan di Provinsi Jawa Tengah (Analisis Data Sesunas 2008). Eko-Regional: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, 5(1), 43-52.
Saputri, R., Lestari, L. A., Susilo, J. (2016). Pola Konsumsi Pangan dan Tingkat Ketahanan Pangan Rumah Tangga di Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 12(3), 123-130.
Sugiarto, U., Karyani, T., Rochdiani, D. (2018). Pangsa Pengeluaran Pangan Rumah Tangga Petani Padi Terpadu Di Kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang. Jurnal Agribisnis Terpadu, 11(1), 25-35.
Susanti, E., Fauzi, T., & Taufiqurrahman. (2015). Analisis Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani di Desa Ulee Lhat Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar. Bisnis Tani, 1(1), 11–23.
Yudaningrum, A. (2011). Analisis hubungan proporsi pengeluaran dan konsumsi pangan dengan ketahanan pangan rumah tangga petani di Kabupaten Kulon Progo. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Published
2024-06-22
How to Cite
Winarko, A., Sukma, S. A., & Chusnah, M. (2024). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Produk Olahan Pisang Di Pondok Pesantren An-Nashriyah Bahrul Ulum Jombang. Sigmagri, 4(1), 1-13. https://doi.org/10.32764/sigmagri.v4i1.1158
Section
Articles