Analisis Strategi Pemasaran Kerupuk Rambak Menggunakan Metode SWOT Pada UD. Evan Jaya Desa Bumirejo Kecamatan Dampit Kabupaten Malang.

  • Zahrial Choir Ade Harsono Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Septi Ambar Indraningtia Sukma
Keywords: SWOT, Matriks EFAS-IFAS

Abstract

 Produk pangan berbahan baku kulit yang paling populer adalah kerupuk rambak yang merupakan produk makanan ringan yang dibuat dari kulit sapi melalui tahapan proses pembuangan bulu, pengembangan kulit, perebusan, dan pengemasan kerupuk kulit mentah atau dilanjutkan dengan penggorengan untuk kerupuk kulit yang siap dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal apa saja yang dapat menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada UD. Evan Jaya Desa Bumirejo Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT yang diperoleh dari matriks IFAS/EFAS, kuadran SWOT dan matriks SWOT. Responden penelitian ini adalah pemilik perusahaan kerupuk rambak UD. Evan Jaya dan 6 orang yang bekerja pada perusahaaan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian analisis matrik IFAS total skor yaitu 2,70, sedangkan hasil analisis matrik EFAS mendapatkan total skor yaitu 2,87. Setelah diketahui hasil matrik IFAS/EFAS kemudian menentukan kuadran SWOT. Hasil kuadran menunjukkan bahwa UD. Evan Jaya berada pada kuadran I (strategi agresif) yang menunjukkan situasi menguntungkan bagi perusahaan tersebut karena memiliki peluang dan kekuatan yang signifikan sehingga dapat memanfaatkan kesempatan yang ada. Dengan adanya penelitian ini diharapkan UD. Evan Jaya dapat memperluas pangsa pasar, menjaga kualitas kerupuk rambak, dan menambah varian kemasan bagi konsumen.

 

 

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V6i1.3394
Anggreani, T. F. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Swot : Strategi Pengembangan Sdm , Strategi Bisnis , Dan Strategi Msdm ( Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia ). 2(5), 619–629.
Anisah Salsabila Nasution, Devi Nadya Hasibuan, Windi Mayani Dalimunthe, & Purnama Ramadani Silalahi. (2022). Peningkatan Kinerja Industri Makanan Dan Minuman Melalui Transformasi Digital Di Indonesia. Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 165–176. Https://Doi.Org/10.30640/Trending.V1i1.493
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer. 3(1), 1–9.
Ernawati, F. A., & Ali, H. (2024). Pengaruh Strategi Pemilihan Pasar, Diferensiasi Produk, Dan Aliansi Strategis Terhadap Keunggulan Bersaing. Jurnal Siber Multi Disiplin (JSMD), 2(1), 10–17.
Fajriati, I., Pratiwi, D. H., Aziz, A., Prabawati, S. Y., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2023). Wonolelo Kabupaten Bantul. 23, 179–192.
Febrina, R., Hukum, F., & Kuning, U. L. (2022). Persaingan Usaha Pada Era Digital Menurut Persepektif Hukum Persaingan Usaha. 2(1), 121–127.
Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum Dalam Metodologi Penelitian : Literature Review General Sampling Techniques In Research Methodology : Literature Review. 1(2), 85–114.
Fitrini, & Iskandar, S. (2015). Strategi Pengembangan UMKM Kerupuk Kulit Di Kota Padang. Semnas Persepsi Iii Manado, 9, 497–505.
Freddy Rangkuti. (2006). Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis (13th Ed.). PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hatami, F. R., Kusnandar, K., & Harisudin, M. (2022). Penerapan Matriks Grand Strategy Pada Agribisnis Mangga Di Kabupaten Karanganyar. Proceedings Series On Physical & Formal Sciences, 4, 314–321. Https://Doi.Org/10.30595/Pspfs.V4i.517

Herman, B., & Nohong, M. (2022). Pengaruh Jaringan Usaha , Inovasi Produk , Dan Persaingan Usaha Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ( UMKM ). 19(I), 1–19. Https://Doi.Org/10.26487/Jbmi.V19i1.18575
Issn, P., & Selong, M. T. (2022). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis , Vol . 11 No . 3 November 2022 E - ISSN Kekinian Kota Sorong Oleh : 11(3), 880–887.
Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. 1, 1–9.
Leni Nuraeni, H. (2017). Strategi Bauran Pemasaran Usaha Kecil Keripik Bhineka Di Desa Belendung Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 647–655.
Made, N., Asmini, B., Meitriana, M. A., Tripalupi, L. E., Studi, P., Ekonomi, P., & Ganesha, U. P. (2019). Upaya Pengembangan Objek Wisata Hot Spring. 11(2).
Nita, D., Rambe, S., & Aslami, N. (2021). El-Mujtama : Jurnal Pengabdian Masyarakat El-Mujtama : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(2), 213–222. Https://Doi.Org/10.47467/Elmujtama.V1i2.853
Nurjannah, D. (2020). Analisis Swot Sebagai Strategi. 1(1), 97–112.
Pengkajian, B. (2016). Renyahnya Ekspor Kerupuk Indonesia.
Permana, I. D. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Kerupuk Kulit Di Kota Padang.
Polii, C. S., Moniharapon, S., & Lintong, D. C. A. (2022). Kecil Menengah ( Studi Penelitian Café Kelelondey Di Langowan Kabupaten Minahasa ) Swot Analysis In Determinieng Marketing Strategies In Micro , Small , Medium Enterprises ( Research Study At Kelelondey Café In Langowan Minahasa Regency ). 10(4), 118–127.
Pradana, A., & Habib, A. (2020). Organik Biji Teh Pada Usaha Monik B-Tea Molusca Product Sales Marketing Strategy Organic Tea Seeds In Monic B-Tea Business In Medan City. 3.
Pranesti, A., Larasati, K. S., & Widiyanti, A. (2022). Kinerja Keterlanjutan Dan Nilai Perusahaan: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1624. Https://Doi.Org/10.33087/Jiubj.V22i3.2622
Putri, M. A., Rahayu, A., & Dirgantari, P. D. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT, Matriks IFE, Matriks EFE, Dan Matriks IE (Studi Kasus Pada Bisnis Banjjagim.Id). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(1), 224–234. Https://Doi.Org/10.24912/Jmbk.V7i1.20703
Rahayu, S., & Sari, C. M. (2022). Pengaruh Kualitas Bahan Baku, Tenaga Kerja Dan Modal Terhadap Tingkat Produksi Industri Kerupuk Rejo Tulungagung. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(8), 2560–2570.
Rahmawati, S., & Sutantri. (2019). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Bisnis Toko Surabaya Ampel Kota Kediri. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 1(2), 90–117.
Rahmayati, G. T., & Prasetiyo, Y. C. (2022). Pada Penelitian Kualitatif Muftahatus Sa ’ Adah , Gismina Tri Rahmayati , Yoga Catur Prasetiyo. 1, 54–64.
Rizki Amalia, R., Lestari, E., & Meldayanoor, M. (2019). Analisis Swot Pemasaran Produk Kerupuk Buah Di UD. Sukma Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Teknologi Agro-Industri, 6(2), 147–157. Https://Doi.Org/10.34128/Jtai.V6i2.103
Rofiah, C. (2022). Analisis Data Kualitatif : Manual Atau Dengan Aplikasi ? 6, 33–46.
Romlah, S. (2021). Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif ( Pendekatan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif ). 16(1), 1–13.
Rosidi, I. (2022). Analisis Usaha Home Industry Kerupuk Puli (Studi Kasus Di Desa Sarirogo, Kecamatan Sidoarjo, Kota Sidoarjo). 3(1).
Samsudin, A., Hidayat, R., D, A. A. K., Sari, D., Cornelia, M., Netanya, S. A., S, S. A., Administrasi, S., Upn, B., & Jawa, V. (2023). Pengaruh Analisis SWOT Terhadap Pengambilan Keputusan Pada Usaha Laundry Di Kalijudan Surabaya. 4(5), 1263–1274.
Sanjaya, V. F., Shelawati, D., Ghati, L., & Berama, B. (2020). Ife Efe Dan Grand Strategy Indsutri Kuliner. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 1(2), 159–170. Https://Doi.Org/10.24042/Revenue.V1i2.6588
Sasoko, D. M., & Mahrudi, I. (2023). Teknik Analisis Swot Dalam Sebuah Perencanaan Kegiatan. 22(January).
Sianturi, R. D. (2020). Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal Of Business And Economics Research (JBE), 1(1), 45–50. Https://Doi.Org/10.47065/Jbe.V1i1.118
Sope, A. S., Ekonomi, F., Bisnis, D., Barat, M., Article, I., Article, H., Muna, K., & Mark, D. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan. 1(2), 87–100.

Subaktilah, Y., Kuswardani, N., Yuwanti, S., Magister, P., Agroindustri, T., Pertanian, F. T., & Jember, U. (2018). Analisis SWOT: Faktor Internal Dan Eksternal Pada Pengembangan... Jurnal Agroteknologi, Vol. 12 No. 02 (2018). 12(02).
Subdistrict, J., Regency, B., Sulvia, S., & Desparita, N. (2024). Jurnal Sains Pertanian. 8(February), 30–37.
Tarmizi, A. (2018). Strategi Pemasaran Umkm : Literature Review. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2), 191–198. Http://Jrmb.Ejournal-Feuniat.Net/Index.Php/JRMB
Utsalina, D. S., & Primandari, L. A. (2020). Analisis Swot Dalam Penentuan Bobot Kriteria Pada Pemilihan Strategi Pemasaran Menggunakan Analytic Network Process. 14(1), 51–60.
Yoesoep, R. E. (2022). Manajemen Pemasaran. In Eureka Media Aksara. Https://Repository.Penerbiteureka.Com/Publications/558183/Manajemen-Pemasaran
Yulfiswandi, Y., Benwanto Ardiyano, Gelasia Gwyneth, & Supriyadi Arifin. (2023). Analisis Swot Pada Perusahaan Multinasional Kentucky Fried Chicken (Kfc). Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(5), 2001–2008. Https://Doi.Org/10.53625/Jcijurnalcakrawalailmiah.V2i5.4632
Published
2024-07-25
How to Cite
Harsono, Z., & Sukma, S. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Kerupuk Rambak Menggunakan Metode SWOT Pada UD. Evan Jaya Desa Bumirejo Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Sigmagri, 4(1), 54-67. https://doi.org/10.32764/sigmagri.v4i1.1199
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)