PERAN PEREMPUAN DALAM PERTANIAN DI WILAYAH DESA HUTAN JOMBANG

  • Purbowo Purbowo Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Siti Nurazizah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Septi Ambar Indraningtia Sukma Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Umar Khasan Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Keywords: peran perempuan, aktivitas produktif, desa hutan

Abstract

Perempuan berperan besar dalam bidang pertanian, terutama dalam meningkatkan perekonomian keluarga. Namun, peran ini tidak diimbangi dengan akses dan kekuasaan mereka atas sumber daya pertanian dan utilitas lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perempuan pada rumah tangga petani dalam aktivitas produktif, akses, kontrol, dan benetif  di tiga subsektor yaitu meliputi peternakan unggas, ruminansia, dan pertanian di wilayah utara sungai brantas Jombang yang terdiri dari beberapa desa dari lima kecamatan meliputi plandaan, kabuh, kudu, ngusikan dan wonosalam. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi lapang dengan dibantu oleh kerangka Harvard atau yang lebih di kenal dengan Gender Framework Analysis (GFA) dan Daily Log Activity serta menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif dengan memperhatikan triangulasi data. Hasil penelitian bahwa aktifitas produktif dalam peran perempuan dalam rumah tangga petani kegiatan produktif yang dilakukan oleh laki-laki (suami) 47% sedangkan kegiatan produktif yang dilakukan oleh perempuan (istri) 37% dan dilakukan secara bersama-sama (suami dan istri) 47%. Aktivitas kegiatan produktiv peternakan unggas dan ruminansia secara keseluruhan dilakukan bersama-sama. Aktivitas reproduktif pada peran perempuan rumah tangga petani dibebankan kepada perempuan (istri) 86%. Kegiatan sosial kemasyarakatan tingkat partisipasi perempuan sebesar 67% dan laki-laki (suami) 63%. Akses, kontrol dan benefit dalam peran perempuan rumah tangga petani sama-sam memiliki kewenangan yang sama besar begitu juga dengan pengelolaan keuangan dilakukan secara bersama-sama.

References

Amalia, Bawon Rizki, Yayuk Yuliati, And Siti Kholifah. 2022. “Perubahan Peran Perempuan Pada Sektor Pertanian Di Desa Tandawang.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 11 (1): 1–13.

Anisa Astrit Sagitta, Suratini. 2017. “Hubungan Aktivitas Sosial Dengan Kualitas Hidup Lansia Di Padukuhan Karang Tengah Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta.”

Bertham, Yudhy Harini, Dwi Wahyuni Ganefianti, And Apri Andani. 2011. “Peranan Perempuan Dalam Perekonomian Keluarga Dengan Memanfaatkan Sumberdaya Pertanian.” Jurnal Agrisep 10 (1): 138–53
.
Hanum, Septi Latifa. 2017. “Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Membangun Kesejahteraan Keluarga.” Journal Of Multidisciplinary Studies 5 (2): 1–9.

Janiatul Sofiana1), Moh. Taqiuddin 2), Anwar Fachry2). 2018. “Tingkat Partisipasi Perempuan Dalam Usaha Pemeliharaan Ternak Sapi Potong Di Sentra Peternakan Rakyat (Spr) Ridho Ilahi Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur,” 1–19.

Kabbaro, Hurriyatun, Hartoyo Hartoyo, And L.N. Yuliati. 2016. “Pengaruh Strategi Nafkah Terhadap Dinamika Kemiskinan Di Wilayah Hulu Dan Hilir Sungai Cimanuk, Jawa Barat.” Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen 9 (2): 89–100.

Khaerani, Nalis Siti. 2017. “Peran Wanita Dalam Perubahan Sosial Melalui Kepemimpinan Posdaya” 7 (1): 371–75.

Kususiyah, Urip Santoso Dan. 2011. “Issn 1978-3000 Kontribusi Dan Status Wanita Dalam Usaha Peternakan Sapi Potong Contribution And Status Of Women In Beef Cattle Production Urip Santoso Dan Kususiyah.”

Luthfi, Asma. 2013. “Akses Dan Kontrol Perempuan Petani Penggarap Pada Lahan Pertanian Ptpn Ix Kebun Merbuh.” Komunitas: International Journal Of Indonesian Society And Culture 2 (2): 74–83.

Novia Fridayanti, Arya Dharmawan. 2013. “Rumahtangga Petani Sekitar Kawasan Hutan” 01 (01): 26–36.

Novita Wulandari. 2022. “Analisis Gender Peran Perempuan Pesisir Pada Ketahanan Keluarga Di Desa Puger Kulon Kabupaten Jember” 7 (1): 52–60.

Petra, Janice Gwendyd Daeli, Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen, And Petra Surabaya. 2014. “Peran Gender Perempuan Dalam Film Seri The Hunger Games.”

Priminingtyas, Dina Novia. 2007. “Analisis Sosial Ekonomi Peranan Perempuan Pedesaan Di Dalam Keluarga Dan Masyarakat.” Buana Sains 7 (2): 193–202.

Siti Mifthikhatul Jannah Dan Puji Lestari, M. Hum. 2017. “Peran Ganda Perempuan Dalam Kehidupan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus: Buruh Perempuan Pabrik Kayu Pt Albasia Bhumipala Persada, Temanggung,.”

Syifa, Aulia, And Diah Puspaningrum. 2021. “Peran Wanita Dan Relasi Gender Dalam Keluarga Buruh Tani Wanita Di Regu Tanam Mulyo Asri Desa Pontang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember” 2 (1): 42–53.

Tameon, Sance Mariana, Irene Sondang Ully, Jeni Isak Lele, And Semri A Tampani. 2022. “Pemberdayaan Kaum Perempuan Dalam Beternak Ayam Di Gmit Getsemani Oebatu.”

Wahyuni, Wahyuni. 2021. “Peran Ganda Perempuan Pada Keluarga Masyarakat Petani Di Desa Srikaton Ngantru Kabupaten Tulungagung.” Jurnal Intervensi Sosial Pembangunan (Jisp) 2 (1): 12–22.

Yani, Ni Luh Sinta, And Luh Indrayani. 2021. “Keterlibatan Perempuan Dalam Sektor Pertanian Untuk Menunjang Kesejahteraan Keluarga Menurut Perspektif Feminisme (Studi Kasus Di Desa Songan, Bangli, Bali).” Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi 9 (2): 261.

Yulia Irwina Bonewati1*, Sitti Nurani Sirajuddin2, And Agustina Abdullah2. 2022. “Jurnal Sains Dan Teknologi Peternakan Peran Perempuan Yang Tergabung Dalam Kelompok Wanita Tani ( Kwt ) Pada Usaha Ternak Sapi Potong Dengan Sistem Integrasi” 4 (1): 1–9.
Published
2024-07-09
How to Cite
Purbowo, P., Nurazizah, S., Sukma, S., & Khasan, U. (2024). PERAN PEREMPUAN DALAM PERTANIAN DI WILAYAH DESA HUTAN JOMBANG. Sigmagri, 4(1), 27-40. https://doi.org/10.32764/sigmagri.v4i1.1174
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)