Pembelajaran Discovery-Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SMPN1 Gondang Mojokerto
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII G SMPN 1 Gondang Mojokerto. Hasil belajar yang didapat sebelumnya masih jauh dari Kriteria Ketuntasan Minimal dan tidak sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus meliputi empat langkah yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar soal tes. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I sebesar 60%, dan mengalami peningkatan pada pembelajaran siklus II menjadi 80%. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 70,1 dengan ketuntasan klasikal sebesar 62,07%. Sedangkan pada pembelajaran siklus II diperoleh rata-rata 82,69 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,21%. Dengan demikian pembelajaran menggunakan discovery-inquiry learning pada materi pokok fungsi kuadrat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII G SMPN 1 Gondang Mojokerto.
Kata Kunci: Discovery-Inquiry Learning, aktivitas siswa, hasil belajar siswa