Strategi Pengembangan Instagram dengan Pendekatan Business Model Canvas di Marogan Tour and Travel Palembang
DOI:
https://doi.org/10.32764/joems.v8i6.1610Keywords:
Instagram, Social Media, Model Business Canvas, Strategi PengembanganAbstract
Studi ini menganalisis dan merancang Strategi Pengembangan Instagram dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC) pada Marogan Tour and Travel Palembang. Latar belakang masalahnya adalah tingkat engagement media sosial perusahaan yang relatif rendah (25%) sehingga membatasi efektivitas pemasaran digital. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi studi ini menemukan bahwa pengembangan yang efektif diperlukan penjadwalan konten yang konsisten, identitas visual yang kohesif, caption informatif dengan tagar relevan, optimalisasi Linktree, serta interaksi berorientasi komunitas yang selaras dengan elemen BMC berupa kemitraan kunci, aktivitas kunci, dan segmen pelanggan. Secara manajerial, temuan ini mengisyaratkan perlunya menginstitusikan kalender editorial dan SOP, mengalokasikan sumber daya sederhana untuk template desain dan analitik, menetapkan KPI triwulan untuk meningkatkan engagement sekaligus mendorong pemesanan, serta memformalkan kemitraan guna memperluas jangkauan memberikan rujukan praktis bagi pengelolaan media digital berbasis Instagram di sektor pariwisata.
References
Adhitya, W. R., Teviana, T., Sienny, S., Hidayat, A., & Khaira, I. (2024). Implementasi Digital Marketing Menggunakan Platform E-Commerce dan Media Sosial Terhadap Masyarakat Dalam Melakukan Pembelian. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 5(1), 63–72. https://doi.org/10.47065/tin.v5i1.5293
Afriansyah, M., Yoga, V., Ardhana, P., & Saputra, J. (2025). Application of Social Media Technology in Digital Tourism Marketing : A Case Study of Instagram and TikTok Usage Penerapan Teknologi Media Sosial dalam Pemasaran Pariwisata Digital : Studi Kasus Penggunaan Instagram dan TikTok. 3(1).
Basile, V., & Basile, V. (2021). The Triple Layered Business Model Canvas In Smart Agriculture: The Case Of Evja Startup. https://doi.org/10.14596/pisb.2844
Chorna, N., Korzh, N., Kiziun, A., Onyshchuk, N., & Antoniuk, K. (2024). the Role of Digital Technologies in the Transformation of the Tourism Business: Prospects for Development and Impact on the Country’S Economy. AD ALTA: Journal of Interdisciplinary Research, 14(1), 136–140. https://doi.org/10.33543/140139136140
Christou, E., Giannopoulos, A., & Simeli, I. (2025). The Evolution of Digital Tourism Marketing: From Hashtags to AI-Immersive Journeys in the Metaverse Era. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 17, Issue 13). Multidisciplinary Digital Publishing Institute (MDPI). https://doi.org/10.3390/su17136016
Dašić, D., Vučić, V., Turčinović, Ž., & Tošić, M. (2023). Digital Marketing - Marketing Opportunities and the Power of Digital Consumers. Ekonomika Poljoprivrede, 70(4), 1187–1199. https://doi.org/10.59267/ekopolj23041187d
Dewi, Y. R., & Jianming, A. M. (2024). Understanding the Role of Social Media on Customer-based Brand Equity and Brand Engagement in Tourism in Indonesia. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v9i21.16662
Desai, V. (2019). Fostering Innovation, Integration and Inclusion Through Interdisciplinary Practices in Management. https://doi.org/https://doi.org/10.31142/ijtsrd23100
Jin, L., & Hu, B. (2022). Influencing factors of online products decision-making oriented to tourism economy under the guidance of consumer psychology. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.950754
Kartika, A. S. (2023). The Application of Swot Analysis Strategy and Business Model Canvas in Culinary Home Business in Denpasar. 1–7. https://www.instagram.com/domandacakes/
Neneng Cucu Marlina, Verani Indiarma, Nurlianti Muzni, & Yuliati, Y. (2023). Digital Storytelling on Marketing Communication of a Tourism Product: A Trend or a Necessary for Indonesian Buyer? Journal of Madani Society, 2(3), 180–187. https://doi.org/10.56225/jmsc.v2i3.235
Nur Indah S K, RA. I. S. (2020). Planning Business Model Canvas With Swot Method At Xyz Institute. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 1(5), 781–793. https://doi.org/10.31933/dijdbm.v1i5.483
Widiani, H. N., Alfatih, M. F., & Pasya, T. M. (2025). Penerapan Business Model Canvas ( BMC ) pada Bisnis Jasa Fotografi Produk Rabbithall Studio.




