Model Manajemen Mutu Terpadu Berbasis Maslahah Dalam Pendidikan Dasar Islam

Authors

  • Apri Piil Bahrul Ulum Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.32764/joems.v8i5.1603

Keywords:

Manajemen Mutu Terpadu, Total Quality Management

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model manajemen mutu terpadu berbasis maslahah dalam pendidikan dasar Islam sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kebutuhan untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip Total Quality Management (TQM) dengan nilai-nilai spiritual Islam agar mutu pendidikan tidak hanya diukur dari aspek efisiensi dan kinerja administratif, tetapi juga dari kebermanfaatan moral, sosial, dan spiritual. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Data dikumpulkan melalui telaah sistematis terhadap literatur klasik dan modern yang berkaitan dengan TQM, maqāṣid al-syarī‘ah, dan konsep maslahah dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai maslahah dalam kerangka TQM menghasilkan paradigma manajemen yang lebih holistik, etis, dan berkelanjutan. Model manajemen mutu terpadu berbasis maslahah berorientasi pada empat pilar utama, yaitu nilai transendensi, partisipasi kolektif (syura), perbaikan berkelanjutan (islah mustamir), dan keseimbangan kemaslahatan antara aspek material dan spiritual. Penerapan model ini diharapkan mampu menciptakan budaya mutu di lembaga pendidikan Islam yang tidak hanya berdaya saing secara akademik, tetapi juga membawa kemaslahatan bagi masyarakat dan lingkungan.

References

Abdurrahman, M. (2017). Manajemen Pendidikan Islam dalam Perspektif Modernisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Abdullah, M. A. (2020). Islamic Quality Management: A Framework for Education Excellence. Kuala Lumpur: International Islamic University Malaysia Press.

Abdullah, M. A. (2020). Islamic Worldview and the Development of Science and Technology. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Press.

Al-Ghazali, A. H. (1997). Al-Mustasfa min ‘Ilm al-Usul. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Al-Syatibi, A. I. (2005). Al-Muwafaqat fi Usul al-Shari‘ah. Beirut: Dar al-Ma‘rifah.

Azra, A. (2019). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Chapra, M. U. (2000). The Future of Economics: An Islamic Perspective. Leicester: The Islamic Foundation.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Deming, W. E. (1986). Out of the Crisis. Cambridge, MA: MIT Press.

Fattah, N. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah dan Manajemen Mutu Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Goetsch, D. L., & Davis, S. (2014). Quality Management for Organizational Excellence: Introduction to Total Quality. Pearson.

Haneef, M. A., & Furqani, H. (2011). Methodology of Islamic economics: Overview and perspective. International Journal of Economics, Management and Accounting, 19(1), 1–26.

Hidayat, R. (2019). Paradigma maslahah dalam pengembangan pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 145–162.

Juran, J. M. (1992). Juran on Quality by Design: The New Steps for Planning Quality into Goods and Services. New York, NY: Free Press.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2021). Education Sector Analytical and Capacity Development Partnership (ESCDP) Report. Jakarta: Kemenag RI.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Muhaimin. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Analisis Filosofis dan Praktis. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Mujib, A. (2019). Paradigma Pendidikan Islam: Rekonstruksi Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa, E. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nata, A. (2016). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Rahim, F. (2014). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahman, F. (2021). Islamic Education Management in the 21st Century. Yogyakarta: UII Press.

Rivai, V., & Murni, S. (2018). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Sallis, E. (2015). Total Quality Management in Education (3rd ed.). London: Routledge.

Senge, P. M. (2006). The Fifth Discipline: The Art and Practice of the Learning Organization. New York: Doubleday.

Suyanto, & Asep. (2018). Tantangan pendidikan Islam di era disrupsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 5(1), 22–36.

Syukri, M. (2021). Reformasi Pendidikan Islam di Era Globalisasi. Bandung: Alfabeta.

Tilaar, H. A. R. (2012). Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan. Jakarta: Grasindo.

World Bank. (2020). Improving Quality of Education in Indonesia: Challenges and Opportunities. Washington, DC: The World Bank.

World Bank. (2022). Madrasah Reform Program Evaluation Report. Washington, DC: The World Bank.

Published

31-10-2025

How to Cite

Ulum, A. P. B. (2025). Model Manajemen Mutu Terpadu Berbasis Maslahah Dalam Pendidikan Dasar Islam. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 8(5), 235–246. https://doi.org/10.32764/joems.v8i5.1603

Issue

Section

Articles