Inovasi Produk dan Citra Merek: Penggerak Keputusan Pembelian pada Sentra Olahan Salak Kunara

Authors

  • Yayang Inggrit Putri Aprilia
  • Wisnu Mahendri Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/joems.v8i1.1462

Keywords:

Citra Merek, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian, Salak Kunara

Abstract

Salak Kunara Processing Center, a food industry in Jombang, focuses on salak processing. The rapid growth of the food and beverage industry demands product innovation and a strong brand image to compete and attract consumers. This study aims to find out how product innovation and brand image affect consumer purchase decisions at the Salak Kunara Processing Center in Kedungrejo Village, Jombang. This study used a quantitative method with a questionnaire distributed to 110 respondents. The data was analyzed with linear regression to test the hypothesis and measure how much influence these variables have. The results show that product innovation and brand image both have a positive and significant effect on purchasing decisions. This shows that sustainable product innovation and a strong brand image are essential to improve the competitiveness of local food products.

References

Abi, Y. I. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kfc Di Kota Bengkulu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(1), 95–107. https://doi.org/10.33369/insight.15.1.95-107

Alfiyah, S. N. (2023). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal Pengaruh Digital Marketing , Inovasi Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada Coffee Shop Pabrik Lewo Surabaya Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal. 5(3), 970–985. https://doi.org/10.47476/reslaj.v5i3.2136

Alfon Tuhoni Zebua1, *, Johni Paul Karolus Pasaribu2, Ronald Naibaho2. (2024). Pengaruh Inovasi Produk dan Strategi Pemasaran Terhadap KeputusanPembelian Konsumen Kuliner. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(4), 832–837. https://doi.org/10.47065/jtear.v4i4.1372

Apriyani, Y. (2013). Pengaruh Brand Image , Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pizza Hut di Kota Padang. Manajemen, 2(1), 1–10.

Asmara, A. &. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/213

Bahri, M., Nur, H., & Pardiman. (2021). Pengaruh Brand Image , Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Makan Ayam Nyungsep Kecamatan Dau Kabupaten Malang. E – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN Fakultas, 101–111.

Edriani, D. (2021). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ekobistek, 10(2), 132–135. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v10i2.114

Irawan, R. (2013). Pengaruh Inovasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Ringan Yagi Yagi Di Easy Café Bandung. 1.

Islamey, A., & Maskur, A. (2023). Economics and Digital Business Review Pengaruh Inovasi Produk , Brand Image Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Swiss House Bakery Kota Semarang ). 4(1), 767–774.

Komunikasi, D. I. dan. (2023). Statistik sektoral 2023.

Lukas, B., & Ferrel, O. (2000). The Effect of Market Orientation on Product Innovation. Journal of the Academy of Marketing Science Vol. 28 Spring. https://doi.org/doi:10.1177/0092070300282005

Maghfiroh, A., Arifin, Z., & Sunarti. (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat beli dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Binis Tahun Angkatan 2013/2014 …. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol, 40(1), 132–140.

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795

Murty, D., Khasanah, I., & Manajemen, J. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Pelangi Kemasan 600Ml Di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 4(2), 1–11.

Permatasari, B., & Maryana, S. (2021). Pengaruh Promosi Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung). TECHNOBIZ : International Journal of Business, 4(2), 62. https://doi.org/10.33365/tb.v4i2.1335

Pristiyono, I. N. (2023). Dampak Inovasi Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Brand Body Lation Vaseline di Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(3), 1315–1325.

Ragatirta, L. P., & Tiningrum, E. (2021). Pengaruh Atmosphere Store, Desain Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Rown Division Surakarta). Excellent, 7(2), 143–152. https://doi.org/10.36587/exc.v7i2.793

Sari, A. Y., Sasongko, & Wahyuni, S. (2013). Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Pia Warung Glenmore Banyuwangi. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa, 6.

Widyantini, D., & Soekanda, E. (2020). Pengaruh Inovasi Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Pizza hut Bogor. SULTANIST: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(2), 153–160.

Downloads

Published

28-02-2025

How to Cite

Aprilia, Y. I. P. ., & Mahendri, W. (2025). Inovasi Produk dan Citra Merek: Penggerak Keputusan Pembelian pada Sentra Olahan Salak Kunara. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 8(1), 40–46. https://doi.org/10.32764/joems.v8i1.1462

Issue

Section

Articles