Manajemen Pengelolaan Keuangan Madrasah Tsanawiyah At-Taufiq Sambongdukuh Jombang
DOI:
https://doi.org/10.32764/joems.v7i4.1232Keywords:
Manajemen Keuangan, Pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen pengelolaan keuangan pada Madrasah Tsanawiyah At-Taufiq Sambongdukuh Jombang. Manajemen keuangan madrasah merupakan salah satu substansi manajemen Lembaga Pendidikan yang akan turut menentukan kelancaran kegiatan madrasah. Kegiatan manajemen keuangan madrasah seyogyanya dilakukan melalui proses Budgeting (perencanaan), Accounting (pelaksanaan), Auditing (evaluasi dan pertanggung jawaban). Beberapa kegiatan manajemen keuangan berupa kegiatan memperoleh dan menetapkan sumber-sumber pendanaan, pemanfaatan dana, pelaporan, pemeriksaan dan pertanggung jawaban. Penelitian ini menggunakan pendekatan keualitatif dan menggunakan metode analisis isi (Content Analisys). Dengan menggunakan metode analisis isi peneliti melakukan penelitian kualitatif yang bersifat mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis secara objektif dan sistematik mengenai isi yang terkandung dalam media komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen keuangan pada Mts At-Taufiq Sambongdukuh Jombang sudah berjalan dengan sangat baik dan sistematis. Hal ini dibuktikan dengan proses penerapan manajemen keuangan yang dilaksanakan sesuai dengan teori-teori yang berkaitan dengan proses pelaksanaan keuangan
References
Hartoyo, A., Melati, R., & Martono, M. (2023). Dampak Perubahan Kurikulum Merdeka Dan Kesiapan Tenaga Pendidik Terhadap Penyesuaian Pembelajaran Di Sekolah. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 412–428. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2773
Kartini, Reyan, M., Ramadhani, N., & Amalika, N. (2023). Metodologi Pemahaman Islam di Indonesia dan Studi Islam. Al-Mirah : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 106–121.
Musthafa. (2017). Manajemen Keuangan (1st ed.). CV. Andi Offset.
Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran Stem Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 1(1), 19–31.
Purnomo, S. A. (2020). Pengembangan Mutu Manajemen Lembaga Pendidikan Dalam Penerapan Iso 9001:2008 Pada Smk Swasta Ma’Arif Nu 1 Ajibarang Provinsi Jawa Tengah. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 124–146. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.78
Sulfemi, W. B. (2019). Manajemen Kurikulum di Sekolah. In Visi Nusantara Maju (1st ed.). https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/9a7yr