Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di MTs Darul Ulum Kepuhdoko Tembelang Jombang, faktor pendukung maupun penghambatnya, dan dampak pelaksanaan tersebut. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kitab kuning di MTs Darul Ulum Kepuhdoko Tembelang Jombang dilaksanakan sesuai kurikulum pesantren sebanyak satu kali tatap muka selama 35 menit setiap minggunya. Faktor pendukung pembelajaran adalah adanya koordinasi yang baik antara pihak yayasan dengan madrasah, guru yang kompeten, jenis kitab yang sesuai dengan perkembangan siswa, dan dukungan wali murid. Faktor penghambat yang dijumpai adalah banyak siswa tidak berasal dari pondok pesantren sehingga memerlukan penyesuaian diri dalam mempelajari kitab kuning, serta metode pengajaran yang digunakan guru cenderung konvensional. Dampak pembelajaran kitab kuning yang diketahui adalah terbentuknya siswa yang berakhlak mulia dalam hal pembelajaran, beragama, dan berkehidupan sosial.