Melatih Kemandirian Mahasiswa Melaksanakan Praktikum Elektronika Dasar I Menggunakan Media Praktikum Melalui Optimasi Kecerdasan Visual Spasial
Keywords:
elektronika dasar, visual spasial, kemandirianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melatih kemandirian mahasiswa dalam melaksanakan praktikum elektronika dasar. Hal ini dilatarbealakangi oleh temuan peneliti selama mengampu mata kuliah praktikum elektronika dasar yaitu mahasiswa tidak dapat melaksanakan praktikum secara mandiri sehingga kegiatan praktikum menjadi kurang efisien. Ketidakmandirian mahasiswa dalam melaksanakan praktikum disebabkan oleh mahasiswa tidak dapat menginterpretasikan gambar skema rangkaian listrik menjadi rangkaian listrik, mahasiswa esulitan memahami jalur-jalur project board, dan mahasiswa sering lupa melakukan kalibrasi alat ukur sehingga hasil pengukuran menjadi bias. Salah satu upaya melatih kemandirian mahasiswa dalam melaksanakan praktikum dengan menggunakan media praktikum melalaui optimasi kecerdasan visual spasial karena permasalahan yang dihadapi mahasiswa dalam melaksanakan praktikum berkaitan dengan kemampuan visual spasial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi praktikum menggunakan media praktikum melalui optimasi kecerdasan visual spasial dapat melatih kemandirian mahasiswa dalam melaksanakan praktikum.
References
Lunenburg, F.C., Lunenburg, M.R. 2014. “Applying Multiple Intelligences in The Classroom : A Fresh Look at Theaching Writing”. International Journal of Intellectual Diversity. Vol 16 No. 1.
Roikha, M. (2017). “Pengaruh Kecerdasan Mate-matis-Logis dan Kecerdasan Visual Spasial terhadap Prestasi Belajar Matematika Bangun Ruang Kelas V di Sekolah Dasar Tamansiswa Turen”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Wahyudi, A.W., Widiyanti, Nurhadi, D. 2018. “Kecerdasan Visual Spasial Dan Kemandirian Belajar Pada Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Di SMK”. Teknologi dan Kejuruan. September 2018. Vol. 41. No. 2. Hal. 101-109.