PENGARUH HARGA, RASA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SOSIS SALAM AFCO FRESH JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.32764/sigmagri.v5i1.1543Keywords:
Harga, Keputusan Pembelian, Kualitas produk, RasaAbstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh harga, rasa dan kualitas Produk secara parsial terhadap keputusan pembelian Sosis Salam Afco dan mengetahui harga, rasa dan kualitas Produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembalian Sosis Salam Afco. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen Afco Fresh Jombang, dengan sampel sebanyak 100 konsumen. Analisis data menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan dilengkapi uji asumsi klasik, regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji simultan (uji F), dan uji parsial (uji T). Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel Harga (X1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Pembelian (Y) Dengan nilai Thitung (5.387) > Ttabel (1,661) dan nilai sig (0.000) < 0,05. Variabel Rasa (X2) tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Pembelian (Y) Dengan nilai Thitung (1.984) > Ttabel (1.661) dan nilai sig (0.050) > 0.05. Variabel Kualitas Produk (X3) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Pembelian (Y) Dengan nilai Thitung (4.106) > Ttabel (1.661) dan nilai sig (0.000) < 0.05. Hasil Uji F diperoleh nilai Fhitung 47.865 > Ftabel (2.70) dan nilai sig (0.000) < (0,05), maka variabel harga, rasa dan kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian produk Sosis Salam Afco.
References
Aprilia, G., Herdinata, C., & Padmawidjaja, L. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Graby Bites. Performa, 5(6), 449-457.
Febriana, J., Supraptini, N., & Ayu, P. D. (2024). Pengaruh Cita Rasa, Promosi, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Martabak Favorit Di Ungaran. Bisecer (Business Economic Entrepreneurship), 7(1), 89-104.
Ibadurrahman, I., & Hafid, A. (2022). Pengaruh Cita Rasa, Harga Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Ringan Di Keluarahan Sudian Raya Kota Makassar. Jueb: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 1-9.
Ikhsanu, A. P. K., Manafe, L. A., & Masyhuri, M. A. (2023). Preferensi Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Ekonomi (Jabe), 9(2), 3435-3444.
Indrasari M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Indrayani, P., & Syarifah, T. (2020). Pengaruh Harga, Cita Rasa, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kue Pia Fatimah Azzahra Di Kecamatan Tanjung Tiram. Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains, 2(1), 57-66.
Jamal, A., & Busman, S. A. (2021). Pengaruh Cita Rasa Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Geprek Junior Cabang Pekat Di Kabupaten Sumbawa: Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 27-34.
Marpaung, F. K., Simarmata, M. W. A., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 1(1), 49-64.
Nugraheni, D. A., Nawantoro, F., Gunaningrat, R., & Muftiyanto, R. T. N. (2024). Pengaruh Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 2(1), 231-243.
Nuraini, F., & Novitaningtyas, I. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Gacoan Cabang Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & Sdm, 3(2), 50-57.
Pratiwi, R., & Amelia, C. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dosuka Sosis Di Best Meat Sawangan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 60-74.
Putri, S. Y. (2021, October). Pengaruh Harga Tiket Pesawat Dan Kualitas Pelayanan Bandar Udara Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Digilib, 17-27.
Rahardjo, C. R. (2016). Faktor Yang Menjadi Preferensi Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(1), 32-43.
Rijqi, V. A., & Mulyono, J. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Cita Rasa, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Arabic Kebab Cikarang Bekasi. Jurnal Mirai Management, 8(2), 176-189.
Rosyidi, M. A. Z., Muhtarom, A., & Khitam, M. C. (2023). Analisis Harga, Cita Rasa, Lokasi, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian Pada Usaha Wakhid Pentol. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 16(1), 115-130.
Saputra, R. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Distro Label Store Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Riau).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alphabeta
Susanti, R. (2022). Pengaruh Cita Rasa, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi Sharing Karanganyar. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 22(03).
Zahra, S. R., Nainggolan, G. A. V., Nehe, E., Juniardo, J., Simamora, J., & Nainggolan, G. H. (2024). Pengaruh Brand Image, Cita Rasa, Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (Jbm), 2(2).