ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN ONDE–ONDE UBI UNGU BU SIBLON JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.32764/sigmagri.v5i1.1511Keywords:
Faktor-faktor, Keputusan pembelian, Onde-onde Ubi Ungu Bu Siblon JombangAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, lokasi, cita rasa, tektstur dan kemasan terhadap keputusan pembelian pada onde-onde ubi ungu Bu Siblon Jombang. Pada penelitian ini menggunakan Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Analisis Linear Berganda dan Uji Hipotesis. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa Nilai t hitung variabel harga -0,084 < 1,985 dan nilai signifikan 0,400 > 0,05; nilai t hitung variabel lokasi -0,927 < 1,985 dan nilai signifikan 0,356 > 0,05; nilai t hitung variabel cita rasa 2,473 > 1,985 dan nilai signifikan 0,015 < 0,05; nilai t hitung variabel tekstur 3,262 > 1,985 dan nilai signifikan 0,002 < 0,05; nilai t hitung variabel kemasan -0,476 < 1,985 dan nilai signifikan 0,635 > 0,05. Dapat disimpulkan bahwa variabel yang berpengaruh adalah “cita rasa” dan “tekstur”. Berdasarkan Uji f diperoleh nilai fhitung 14,081 > F tabel 2,47 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka dinyatakan bahwa variabel harga, lokasi, cita rasa, tekstur dan kemasan adanya pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada onde-onde ubi ungu Bu Siblon Jombang.
References
Akdon, dan Ridwan (2013). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta
Anugerah, A. W. (2017). Onde-Onde Bo Liem Jr Yanik Mojokerto (Studi Pada Konsumen Toko Onde-onde Bo Liem JR Yanik Mojokerto). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1), 107–112.
Balgista, T. W., Wahono, B., & Wahyuningtiyas, N. (2023). Pengaruh Kesenangan Berbelanja, Persepsi Harga dan Impulsive Buying Terhadap Keputusan Pembelian di E-commerce Shopee Live(Studi Pada Pelanggan Shopee Live di Kec. Lowokwaru Kota Malang). E –Jurnal Riset Manajemen, 13(1), 1400–1406.
Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzudin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (BUMDes Amanah Mart Pondokrejo). PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi Dan Pelayanan Publik, IX nomor I, 104–112.
Fadillah, F., Saroh, S., & Zunaida, D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Klinik Kecantikan Beautyrossa Jalan Terusan Candi Mendut No M-2 , Kota Malang).
Febiola, Nova Finky. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Roti Boy. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Grace Haque, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Berlian Multitama di Jakarta. E-Mabis:Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 21, 31–38.
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6, 31–42.
Jayadi, F. V., & Wardana, I. M. (2021). Pengaruh Promosi dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian yang dimediasi oleh Brand Awareness (Studi Pada Konsumen Bali Square Pie di Kabupaten Badung). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(12), 1449–1478.
Kadek Ayu Wintari, N., Santoso, A., Raya Olat Maras, J., Alang, B., & Hulu, M. (2023). Pengaruh Desain Kemasan, Cita Rasa, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian TehBotol Sosro. Aksioma: Jurnal Manajemen, 2(2), 108–113.
Kotler, Keller. (2012). Marketing Management Edisi 14. Global Edition. Pearson Pretience Hall.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
L Annisaa, M. D., & Suharto, A. (2022). Pengaruh Lokasi, Harga, Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (UD. Adam Jaya Sumbersuko Lumajang). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01).
Lidia. (2024). Pengaruh Brand Image dan Hargaterhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Mixue di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 205–212.
Ningtiyas, N., & Nuraini Dwiputri, I. (2021). Analisis disparitas pendapatan di Indonesia tahun 2015-2019: analisis regresi data panel. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(7), 670–685.
Rachmadani, L. D., & Soebiantoro, U. (2022). Pengaruh Cita Rasa dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Ayam Yamin Gubeng Kertajaya Surabaya. Jurnal Manajemen, 12(1), 1–10.
Rukmayanti, R., & Fitriana, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(2), 206–217.
Suawa, A. J., Tumbel, A. L., & Mandagie, Y. (2019). Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di New Ayam Bandung Resto Kawasan Megamas Manado (Analysis Of Factors Influencing Consumer Behavior Toward Purchase Decision In New Ayam Bandung Resto Kawasan Megamas Manado). 5195 Jurnal EMBA, 7(4), 5195–5204.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alphabeta.
Tjiptono, Fandy. (2008). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.
Towoliu, J. E. S., & Tumbuan, W. J. F. A. (2017). The Influence of Personal and Family Factors to the Consumer Purchasing Decisionsat Waroeng Tepi Laut Resto, Manado. 308 Jurnal EMBA, 5(2), 308–322.
Tussa`Diah, H., & Taufiq, A. (2022). Pengaruh Expired Date dan Tekstur Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk di PT. Lestari Alam Segar Kawasan Iindustri Medan (KIM) II Medan. Journal Economic Management and Business, 1 No.2, 176–186.
Wickliffe, V. P., & Pysarchik, D. T. (2001). A look at product attributes as enhancers of group integration among US and Korean consumers. International Journal of Retail & Distribution Management, 29(2), 99-109.