Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan Problem Based Learning dalam mengembangkan karakter siswa pada materi statistika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X MA Bahrul Ulum Jombang. Sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas X-IIS A dan X-IIS B MA Bahrul Ulum Jombang yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas X-IIS A sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-IIS B sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa sedangkan angket untuk mengetahui karakter siswa dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test pada IBM SPSS.21 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perkembangan nilai karakter siswa.