Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk bahan ajar e-modul yang layak diterapkan sebagai media pendukung pembelajaran pada materi gerak lurus serta mendeskripsikan kelayakan bahan ajar e-modul dalam pembelajaran Fisika materi gerak lurus, mendiskripsikan respon peserta didik terhadap bahan ajar e-modul Fisika berbasis karakter dengan pendekatan saintifik pada kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development.) Dengan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar validasi untuk ahli materi dan ahli media serta angket (kuesioner) untuk respon peserta didik. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahan ajar e-modul ini memperoleh persentase ideal 77,5% yang berarti layak. Validasi dari ahli media menunjukkan bahan ajar e-modul ini memperoleh persentase ideal 90,9% yang berarti sangat layak. Berdasarkan respon 37 peseta didik di MA Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang memperoleh nilai ideal 91,98% berarti sangat layak. Berdasarkan data hasil validasi ahli materi, ahli media serta respon pendidik dan peserta didik menunjukkan bahwa bahan ajar e-modul ini sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran materi gerak lurus kelas X SMA/MA.