Abstract

KPRI (Koperasi Pegawai Republik Indonesia) BAHAGIA merupakan sebuah badan usaha yang mempunyai banyak bidang bisnis antara lain bidang transportasi, layanan haji, simpan pinjam dan mini market. KPRI bahagia mempunyai sebuah minimarket yang bernama Bahagia mart. Salah satu bagian terpenting dari bahagia mart ini adalah proses penjualan dan mempertahankan pelanggan. Proses penjualan yang ada di bahagia mart ini  mendatangi langsung ke toko. Hal ini memiliki beberapa kelemahan diantaranya sering kali konsumen komplain barang yang diinginkan tidak tersedia dan juga tidak adanya transparansi stok barang. Keberadaan konsumen serta pelanggan adalah bagian penting bagi perusahaan dalam menunjang kesuksesan perusahaan itu sendiri. Dalam dunia bisnis, konsep mengelola pelanggan dikenal dengan nama CRM (Customer Relationship Management).  Seiring dengan perkembangan teknologi internet saat ini, proses CRM tersebut kini dapat dikonversikan ke dalam bentuk e-CRM (Electronic-Customer Relationship Management). Membangun suatu prototipe sistem e-CRM dalam bentuk website dan android sebagai alternatif sistem baru merupakan tujuan dari penelitian ini. Hal tersebut didasarkan oleh beberapa kendala yang dialami bahagia mart pada sistem CRM yang sedang berjalan, utamanya pada sektor pelayanan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti akan membuat sistem berbasis e-CRM yang berfokus pada peningkatan kualitas layanan