Rancang Bangun Game Edukasi “Dimotil” Untuk Mendukung Pembelajaran Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil

Authors

  • Primaadi Airlangga Universitas KH A Wahab Hasbullah
  • Rizki Agil Bachtiar Universitas KH A Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.32764/epic.v7i4.1584

Keywords:

Android, Construct 3, Game Edukasi, Tumbuhan Dikotil dan Monokotil, Android; Construct 3; Game Edukasi; Tumbuhan Dikotil dan Monokotil

Abstract

Kesulitan dalam memahami pelajaran biologi, khususnya klasifikasi tumbuhan dikotil dan monokotil, masih menjadi tantangan bagi banyak siswa sekolah dasar karena sifat materinya yang abstrak dan minim media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game edukasi berbasis Android bernama DIMOTIL sebagai media pembelajaran alternatif. Game dikembangkan menggunakan Construct 3 dengan metode Waterfall, mencakup tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Materi disesuaikan dengan kurikulum SD/MI dan dikemas dalam bentuk simulasi bertani serta strategi pertahanan agar lebih interaktif dan menyenangkan. Pengujian sistem dilakukan dengan metode blackbox dan pengujian pengguna dilakukan melalui observasi langsung saat siswa memainkan game. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh fitur berfungsi dengan baik dan game diterima positif oleh pengguna. Analisis data pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai sebesar 92%, dengan 19 dari 21 siswa mengalami peningkatan. Temuan ini menunjukkan bahwa DIMOTIL memiliki potensi sebagai media pembelajaran yang efektif, menyenangkan, dan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA tentang tumbuhan dikotil dan monokotil.

References

Apperley, T. (2018). Counterfactual communities: Strategy games, paratexts and the player’s experience of history. Open Library of Humanities, 4(1). https://olh.openlibhums.org/article/id/4472/

Billah, M. M., Airlangga, P., Arifin, M. Z., & Yaqin, N. (2022). Website-Based E-Library Of The Yellow Book. SAINTEKBU, 14(02), 43-49. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/saintek/article/view/1622

Bacallado, M., Torres, J. M., & Arnay, R. (2023). A procedural content generation algorithm for first person shooter and tower defense games. https://ceur-ws.org/Vol-3599/short_3.pdf

Helva, S., & Zailani, A. U. (2023). Pengertian game beserta sejarah, manfaat, serta jenis-jenis game, lengkap! Nesabamedia, https://www.nesabamedia.com/pengertian-game/

Ibendahl, G. (2017). The use of a farm simulation game to enhance student learning. Ageconsearch. https://ageconsearch.umn.edu/record/252533/

Imanuel, S. A. (2015). kesulitan belajar IPA peserta didik sekolah dasar. Kesulitan Belajar. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/VOX/article/view/106

Kuhnen, R. (2007). Game design cognition: The bottom-up and top-down approaches. Gamasutra. Diakses dari https://www.gamedeveloper.com/design/game-design-cognition-the-bottom-up-and-top-down-approaches

Nidhra, S., & Dondeti, J. (2012). Black box and white box testing techniques—a literature review. International Journal of Embedded Systems and Applications (IJESA), 2(2), 29–50. https://airccse.org/journal/ijesa/papers/2212ijesa04.pdf

Permatasari, S., Asikin, M., & Dewi, N. R. (2022). MaTriG: Game edukasi matematika dengan construct 3. The Indonesian Journal of Computer Science, 11(1). http://ijcs.net/ijcs/index.php/ijcs/article/view/3025

Rifda, A. (2022). Desain grafis: Pengertian, jenis, dan tugasnya. Gramedia Blog. Diunduh dari https://www.gramedia.com/best-seller/desain-grafis/

Rahayu, I., & Istianah, F. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI MATERI TANAMAN DIKOTIL DAN MONOKOTIL KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(09). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/42847

Sujarwadi, A., & Abidin, D. Z. (2016). Perancangan sistem pendukung keputusan dengan metode simple additive weighting (SAW) dalam penentuan tunjangan kinerja pegawai pada Kepolisian Resort Kota (POLRESTA) Jambi. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 1(1), 54–66. https://ejournal.unama.ac.id/index.php/jurnalmsi/article/view/1326

Suryawati, A. T., Nuraini, S., Anif, S., Sidiq, Y., & Handayani, T. (2021). Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 194-201. https://www.researchgate.net/publication/379296655_Penguatan_Materi_Dikotil_dan_Monokotil_melalui_Pembuatan_Herbarium_Kering_di_SD_Negeri_3_Jambakan_Klaten

Satria, E., Septiana, Y., & Ramadhan, R. (2021). Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Bagian-Bagian Tumbuhan untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Algoritma, 18(2), 633-641. https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/984

Tiled Documentation Writers. (2023). Tiled Map Editor: Documentation [Perangkat lunak]. https://doc.mapeditor.org

Yulianto, Y. (2021, Maret). Dasar-dasar Construct 3. Gamelab Indonesia. https://www.gamelab.id/news/578-dasar-dasar-construct-3

Zufri, T., Frans, O., & Hilman, D. (2022). Pixel art for game character design. Journal of Games, Game Art and Gamification, 7(1). https://www.researchgate.net/publication/362831872_Research_on_the_Application_of_Pixel_Art_in_Game_Character_Design

Published

2025-11-03

How to Cite

Airlangga, P., & Bachtiar, R. A. (2025). Rancang Bangun Game Edukasi “Dimotil” Untuk Mendukung Pembelajaran Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil. Exact Papers in Compilation (EPiC), 7(4), 147–156. https://doi.org/10.32764/epic.v7i4.1584