Analisis Korelasi Untuk Menentukan Hubungan Game Online dengan Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.32764/epic.v6i1.1074Keywords:
Hubungan; Game Online; Motivasi BelajarAbstract
Perkembangan teknologi dan informasi sudah sangat pesat di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya internet. Dengan adanya internet, masyarakat semakin mudah dalam melakukan segala hal. Salah satu yang populer di kalangan pelajar adalah game online. Game online merupakan permainan yang dapat diakses oleh banyak orang dimana saja dengan menggunakan gadget yang terhubung dengan jaringan internet. Selain sebagai game yang menarik, game online juga bisa membuat ketagihan atau membuat ketagihan. Hal ini akan berdampak pada kegiatan pembelajaran. Sebab waktu luang akan dimanfaatkan untuk bermain bukan untuk belajar sehingga menurunkan motivasi belajar seorang siswa. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara game online dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rumus analisis korelasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa tidak ada hubungan atau terdapat hubungan negatif antara game online dengan motivasi belajar siswa. Dengan hasil uji korelasi diperoleh r hitung -0,146 lebih kecil dari r tabel 0,329. Jadi dapat dikatakan terdapat hubungan negatif antara game online dengan motivasi belajar siswa.
References
Evanne, Adli, & Ngalimun. (2020). “Dampak Game Online terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Selatan”, Al-Kalam, Vol. 08, No. 01 Hal 54-62. Diakses 18 Maret 2023 https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/alkalam/article/view/4158
Fariha, Amalia Nur.(2022), Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik MI Ta’alamul Huda. (Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Diakses 28 Maret 2023 https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/60352/1/SKRIPSI%20AMALIA%20NUR%20FARIHA.pdf
Rahyuni., Yunu, M., Hamid, S.,(2021), “Pengaruh Game Online terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo, Bosowa” Journal of Education, Vol.1 No.2 Hal 65-70 Diakses 28 Februari 2023 https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=hubungan+game+online+dengan+motivasi+belajar&oq=hubungan+game+online#d=gs_qabs&t=1677580407524&u=%23p%3DLHGGoZVno2IJ
Sugiyono. (2019)., Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D., Bandung:Alfabeta
Surbakti, Krista. (2017) “Pengaruh Game Online Terhadap Remaja”, Jurnal Curere, Vol. 01, No. 01 Hal 28-38. Diakses 18 Maret 2023 Pengaruh Game Online terhadap Remaja | Surbakti | JURNAL CURERE (portaluniversitasquality.ac.id)
Wardani, D. K. (2020). Pengujian Hipotesis (Deskriptif, Komparatif dan Asosiatif). LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Wardani, D, K., Hayati, D, N., (2021) Faktor Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa di Kelas X di SMAN Sugihwaras Bojonegoro, JoEMS ( Journal of Education and Management Studies),Vol.4, No.5 Hal 31-36. Diunduh dari pada 16 Maret 2023 https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=Oa23UR0AAAAJ&cstart=20&pagesize=80&sortby=pubdate&citation_for_view=Oa23UR0AAAAJ:Zph67rFs4hoC
Wardani, D, K., Khikmah, N.,(2021) Analisis Regresi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar siswa kelas XI di MAPK Al-Hidayah Baron Nganjuk, EPiC (Exact Papers in Compilation), Vol.3, No.3 Hal 419-424. Diunduh dari pada 15 Maret 2023 https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=Oa23UR0AAAAJ&cstart=20&pagesize=80&sortby=pubdate&citation_for_view=Oa23UR0AAAAJ:3fE2CSJIrl8C