Dampak E-WOM terhadap Pembeli Shopee Jombang
PDF

Keywords

E-WOM
Keputusan Pembelian
Content
Intensity
Valance Of Opinion

How to Cite

Pradana, M. (2023). Dampak E-WOM terhadap Pembeli Shopee Jombang. Business and Economic Publication, 1(1), 30-40. https://doi.org/10.32764/bep.v1i1.971

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-WOM (Word-of-Mouth elektronic) terhadap keputusan pembelian masyarakat Jombang yang menggunakan platform Shopee. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah survei melalui kuesioner yang didistribusikan kepada masyarakat Jombang yang telah melakukan pembelian melalui Shopee. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa e-wom memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian masyarakat Jombang di Shopee. Dengan kata lain, ulasan dan rekomendasi dari pengguna Shopee lainnya dapat mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat Jombang. Semakin positif dan meyakinkan e-wom yang diterima oleh individu, semakin besar kemungkinan individu tersebut untuk melakukan pembelian di Shopee. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya perusahaan e-commerce untuk mengelola dan memantau e-wom yang ada di platform mereka, serta berupaya menciptakan pengalaman positif bagi pengguna guna meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

https://doi.org/10.32764/bep.v1i1.971
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.