Survei Motivasi Kerja Driver Online Grab di Jombang
PDF

Keywords

Faktor Pendorong
Faktor Penghambat
Motivasi Kerja
Tingkat Motivasi

How to Cite

Rochman, R. I. N., & Juwita, K. (2025). Survei Motivasi Kerja Driver Online Grab di Jombang. Business and Economic Publication, 3(1), 9–21. https://doi.org/10.32764/bep.v3i1.1275

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor pendorong, faktor penghambat dan tingkat motivasi kerja driver online Grab di Jombang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi yang diteliti yaitu para driver online Grab yang ada di Jombang dengan pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan didapatkan sampel yang berjumlah 80 responden. Metode analisis pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor pendorong motivasi kerja driver online Grab di jombang antara lain perolehan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan, kemudahan dan pemberian fasilitas dari perusahaan yang mendukung pekerjaan driver online Grab, asuransi kesehatan yang diberikan perusahaan, interaksi, dan komunikasi antara driver online Grab dengan perusahaan yang mendukung serta kesempatan mengembangkan diri dan peraturan yang fleksibel. Faktor penghambat motivasi kerja driver online Grab antara lain perasaan kurang nyaman dan aman menjadi driver online Grab, lingkungan kerja yang berpindah-pindah serta kondisi perjalanan dalam mengantar orderan yang terkadang tidak mudah seperti kemacetan dan cuaca yang kurang mendukung. Tingkat motivasi driver online Grab di Jombang termasuk dalam kategori tinggi.

https://doi.org/10.32764/bep.v3i1.1275
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 Rizqy Imam Nur Rochman, Kristin Juwita