Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang)
PDF

Keywords

Harga
Keputusan Pembelian
Promosi

How to Cite

Fadhli, K., & Yustiono, K. (2024). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang). Business and Economic Publication, 2(1), 23-35. https://doi.org/10.32764/bep.v2i1.1201

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang Program Studi Manajemen yang berjumlah 350 orang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 140 responden sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan dalam penelitiaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kusioner. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan analisis model statistik yang terdiri dari uji instrumen data (uji validitas dan realibilitas), analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas dan uji multikolinieritas, uji heteroskedastitas, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi (R2 ). Dengan menggunakan software SPSS (statistic Product and Services solution) for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel independent yaitu harga dan promosi terhadap variabel independen yaitu keputusan pembelian. Dari pengujian secara parsial uji T yang menunjukkan bahwa thitung (5,656) > ttabel 1,960), dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 > 0,05, membuktikan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan pada variabel promosi diperoleh nilai thitung (6,863) > ttabel (1,960) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 > 0,05, membuktikan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. uji F yang menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 83,213 > 3.06 (Ftabel) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel harga dan promos berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari pembahasan regresi linear berganda Y = 2,176 + 0,396X1 + 0,405X2. Dapat disimpulkan bahwa harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi shopee di Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang. Koefisien Determinasi (R Square) sebesar 0,543 artinya keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh harga dan promosi sebesar 54,3% sedangkan 46,5 % lagi dapat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

https://doi.org/10.32764/bep.v2i1.1201
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.