Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Cabai Rawit Di Pasar Tradisional Citra Niaga Jombang

  • Muhammad Aufa Abdillah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Septi Ambar Indraningtia Sukma Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Keywords: Cabai Rawit, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this study is to understand the factors that influence consumers in choosing to buy cayenne pepper in the Citra Niaga Jombang market. The research method used is descriptive quantitative analysis, the sampling method uses accidental sampling so as to get a sample of 30 people. The collected data were analyzed using multiple linear regression tests to identify the influence of cultural, social, personal, psychological variables, and the use value of goods on purchasing decisions. The results showed that cultural factors, social factors and psychological factors have a significant influence on purchasing decisions for cayenne pepper, while personal factors and the use value of goods factor have no effect on purchasing decisions for cayenne pepper in the Citra Niaga Jombang market. Psychological factors, with indicators such as motivation, perception, learning, and beliefs and attitudes are the factors that most influence consumer decisions.

 

Keywords: Bird's Eye Chili, Consumer Behavior, Purchase Decision

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih untuk membeli cabai rawit di pasar Citra Niaga Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah anaslisis deskriptif kuantitatif, metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling sehingga mendapatkan sampel sebanyak 30 orang. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda untuk mengidentifikasi pengaruh variabel budaya, sosial, pribadi, psikologis, dan nilai guna barang terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya, faktor sosial dan faktor psikologis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian cabai rawit, sedangkan faktor pribadi dan faktor nilai guna barang tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian cabai rawit di pasar Citra Niaga Jombang. Faktor psikologis, dengan indikator seperti motivasi, persepsi, pembelajaran, serta keyakinan dan sikap adalah faktor yang paling mempengaruhi keputusan konsumen.

Kata kunci: Cabai Rawit, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian

Published
2024-12-22
How to Cite
Abdillah, M., & Sukma, S. (2024). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Cabai Rawit Di Pasar Tradisional Citra Niaga Jombang. Sigmagri, 4(2), 133-139. https://doi.org/10.32764/sigmagri.v4i2.1244
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)