Pemetaan Image Konsumen Terhadap Buah Durian Bido di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang
Abstract
ABSTRACT
This research aims to map the profile of Bido durian consumers in Wonosalam using an image mapping approach. The image mapping method was used to identify consumer characteristics and preferences based on survey data involving 80 respondents who were durian consumers in Wonosalam District, Jombang Regency. Sampling was carried out using an accidental sampling technique. The method used in this research is quantitative descriptive analysis. The attributes observed in this research are price, taste, texture, meat color, meat thickness and aroma. The data analysis technique used is quantitative descriptive analysis and correspondence analysis. The research results show that Bido durian consumers in Wonosalam sub-district are dominated by the 25-45 year age group with middle to upper income levels. Consumers' main preference is durian with its bitter sweet taste and soft texture. In addition, visual image analysis reveals that Bido durian is often consumed in the context of family events and as a snack, with promotion via social media proving effective in reaching young consumers.
Keywords: Consumer Image, Bido Durian Fruit
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memetakan profil konsumen durian Bido di Wonosalam menggunakan pendekatan pemetaan image. Metode pemetaan image digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik dan preferensi konsumen berdasarkan data survei yang melibatkan 80 responden yang merupakan konsumen durian di Kecamata Wonosalam Kabupaten Jombang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Atribut – atribut yang diamati pada penelitian ini adalah harga, rasa, tekstur, warna daging, ketebalan daging dan aroma. Dengan Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis deskriptif kuantitatif dan analisis korespondensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen durian Bido di kecamatan Wonosalam didominasi oleh kelompok usia 25-45 tahun dengan tingkat pendapatan menengah ke atas. Preferensi utama konsumen adalah durian dengan rasa manis pahit dan tekstur lembut. Selain itu, analisis citra visual mengungkapkan bahwa durian Bido sering dikonsumsi dalam konteks acara keluarga dan sebagai Makanan selingan, dengan promosi melalui media sosial yang terbukti efektif menjangkau konsumen muda.
Kata Kunci : Image Konsumen, Buah Durian Bido.
References
Azizah, N., & Hadi, S. S. (2020). The influence of taste and price to customer loyalty with purchase decision as variables intervening in Kentucky Fried Chicken (KFC) Arion Mall. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–27.
Balya Elok Sayyidah, Soetriono, R. S. (2017). Kabupaten Jember Characteristics and Preferences of Local Durian Consumers in Jember Regency. Agribest, 01(02), 125–135.
Beelen, M., Burke, L. M., Gibala, M. J., & Van Loon, L. J. C. (2010). Nutritional strategies to promote postexercise recovery. International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism, 20(6), 515–532. https://doi.org/10.1123/ijsnem.20.6.515
Charoensuk, K., Wongekalak, L., Mongkontanawat, N., Nonmoung, W., Suwanposri, A., Tanmanee, P., & Kongsuk, M. (2018). Formulation, sensory and pulp stability of durian (Durio zibethinus Murr) juice. International Journal of Agricultural Technology, 14(2), 215–224.
Dan, K. (2020). Primanomics : j. 3, 1–7.
Fauziyah, E., & Mulyadi, A. (2014). Preferensi Konsumen Dalam Pembelian Mi Instan Di Kabupaten Bangkalan. Agriekonomika, 3(1), 65–80.
Khasan, U., & Fauziyah, E. (2019). Pemetaan Image Konsumen Terhadap Produk White Coffee Di Hypermart Bangkalan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(2), 78–88. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.2.78-88
KUSUMA, A. W. A., SRINADI, I. G. A. M., & SARI, K. (2016). Aplikasi Analisis Korespondensi Untuk Melihat Karakteristik Usaha Pariwisata Di Provinsi Bali. E-Jurnal Matematika, 5(2), 76. https://doi.org/10.24843/mtk.2016.v05.i02.p124
Owens, A. P., & MacKman, N. (2011). MP’s and VTE’s: Fact or fiction. Thrombosis Research, 128(6), 505–506. https://doi.org/10.1016/j.thromres.2011.09.001
Parniati, Managanta, A. A., & Tambingsila, M. (2022). Income and Factors Affecting Productivity of Durian Farmers. JIA (Jurnal Ilmiah Agribisnis) : Jurnal Agribisnis Dan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, 7(5), 173–181. https://doi.org/10.37149/jia.v7i5.66
Permarupan, P. Y., Xuan, K. Z., & Ling, T. K. (2021). Factors Influencing Consumers’ Purchasing Decision on Local Products. Lecture Notes in Networks and Systems, 194 LNNS(April), 432–444. https://doi.org/10.1007/978-3-030-69221-6_32
Perrea, T., Chrysochou, P., & Krystallis, A. (2023). Customer value toward innovative food products: Empirical evidence from two international markets. Innovative Food Science and Emerging Technologies, 84(November 2022), 103293. https://doi.org/10.1016/j.ifset.2023.103293
Pertanian, F. (2014). 8851-25028-1-Pb. 2(1), 11–20.
Pramesti, W. (2012). Analisis Korespondensi Untuk Mengetahui Keterkaitan Tindak Pidana dengan Usia, Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan, Pekerjaan dan Alasan Melakukan Tindak Pidana. J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori Dan Aplikasi Statistika, 4(2). https://doi.org/10.36456/jstat.vol4.no2.a1191
Pramita, R. A., Susrusa, K. B., & Arisena, G. M. K. (2022). Pengaruh Jenis Socialmedia Terhadap Keputusan Pembelian Bibit Durian Musangking. Jurnal Hexagro, 6(2), 153–175. https://doi.org/10.36423/hexagro.v6i2.924
Purba, R. R., & Wati, F. (2021). Pengaruh Harga Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Shampo Clear (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sari Mutiara Indonesia). Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(3), 100–109. https://doi.org/10.37329/metta.v1i3.1501
Rahmadyanti, P. A. (2013). Sikap Dan Perilaku Konsumen Terhadap Produk Olahan Durian (Kasus: Pancake Durian Produksi Mei Cin Pancake). 1–15. https://www.semanticscholar.org/paper/25196ac4c12c5ea961fe8c1a8836297b837478cc
Saputra, S. D., Rasyiddin, A., & ... (2023). Pengaruh citra merek, harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian 5 merek teh kemasan botol pada konsumen Toko Torus . Jurnal Ekonomi , 3(1), 76–84. https://eksishum.untara.ac.id/index.php/eksishum/article/view/95%0Ahttps://eksishum.untara.ac.id/index.php/eksishum/article/download/95/48
Sari, D. S., Lubis, K. S., Hidayat, B., & Sabrina, T. (2019). Jurnal Pertanian Tropik Jurnal Pertanian Tropik. Pengaruh Penambahan Berbagai Komposisi Bahan Organik Terhadap Karakteristik Hidroton Sebagai Media Tanam, 6(2), 180–189. https://doi.org/10.32734/jpt.v10i1
Solomon, M. R. (2020). EDITION onsumer Behavior.
Sooksan Kantabutra, A., Prattana Punnakitikashem, A., Chairperson, A., Vichita Ractham, A., Pornkasem Kantamara, A., & Dean, E. (2021). Health Consciousness and Its Effects on a Purchase Intention for Durian Among Thai Consumers Apichaya Nuyuth a Thematic Paper Submitted in Partial Fulfillment of the Requirements for the Degree of Master of Management College of Management Mahidol Univers.
Study on the Quality Evaluation of Frozen Durian Jackie Lou Japos Tagubase Study on the Quality Evaluation of Frozen Durian 冷凍ドリアンの品質評価に関する研究. (n.d.).
Sunyoto, H. K., Vincentia, J., & Nathanael, V. (2024). Factors Influencing Consumers’ Purchasing Intention on BerryBenka E-commerce Application in Surabaya: Applying Mediation Test of Customer Satisfaction. Jurnal Stie Semarang (Edisi Elektronik), 16(1), 41–58. https://doi.org/10.33747/stiesmg.v16i1.699
Syamsu, N., Nurhapsa, N., & Sriwahyuningsih, A. E. (2022). Tingkat Kepuasan Konsumen Kebab Durian Pada Usaha Kebab Durian Ucok Di Kelurahan Lancirang Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 22(1), 73–81. https://doi.org/10.35965/eco.v22i1.1388
Thongkaew, S., Jatuporn, C., Sukprasert, P., Rueangrit, P., & Tongchure, S. (2021). Factors affecting the durian production of farmers in the eastern region of thailand. International Journal of Agricultural Extension, 9(2), 285–293. https://doi.org/10.33687/ijae.009.02.3617
Warni, Z., Fatmawati, T. F., & Dahlan, P. (2022). The Influence of Consumer Behavior on Purchasing Decisions of Martabak Manis. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(3), 539–548. https://doi.org/10.36555/almana.v6i3.1959