Perilaku Konsumen dalam Pembelian Buah Apel Lokal dan Impor di Kota Malang

  • Septi Ambar Universitas KH A Wahab Hasbullah
  • Resya Nurdyawati Universitas Muhammadiyah Gresik
Keywords: Buah Apel Lokal, Buah Apel Impor, Konsumen, SEM

Abstract

Buah apel yang merupakan ikon kota lambat laun keberadaannya semakin terancam, banyak faktor yang mempengaruhi mulai dari perubahan iklim, menyusutnya lahan pertanian hingga potensi pertanian lain yang lebih menguntungkan. Banyak petani yang beralih menanam jeruk karena  yang lebih menguntungkan, bibit yang mudah didapat, pemeliharaan yang lebih mudah dibandingakn buah apel,  dan setiap buah jeruk berbunga petani dapat memastikan bahwa mereka akan panen. Beberapa hal itulah yang membuat produktivitas buah apel menurun drastis. Dari fenomena tersebut maka pentingnya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli buah apel lokal dan buah apel impor di Kota Malang dan indikator variable yang menjadi pilihan konsumen. Jumlah sampel 100 responden dan dianalisis mengunakan SEM. hasil penelitian menunjukkan Faktor yang paling berpengaruh dalam pembelian buah apel lokal dan apel impor yaitu kualitas dari buah apel tersebut. Indikator variabel yang berpengaruh pada buah apel lokal adalah harga lebih rendah, aroma, akses mudah, tidak mengandung lilin, pembelian ulang sedangkan Indikator buah apel impor paling baik dalam membentuk variable eksogen adalah harga lebih rendah, tekstur, akses mudah, tidak mengandung formalin, pembelian ulang.

References

Amaliana, L., Rinaldo Fernandes, A. A., Nurjannah, Solimun, Astuti, A. B., Darmanto, Yanti, I., & Isaskar, R. (2019). The Consistency of Bootstrap Resampling in Structural Model with PLS-PM Approach: Technology Acceptance Model in Green Marketing Management Strategy. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 239(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/239/1/012021
Bintoro, V. P. (2008). Teknologi Pengolahan Daging dan Analisis Produk. Universitas Diponegoro.
C. Mowen, J., & Minor., M. (2002). Perilaku Konsumen. Erlangga.
Destian, S. (2017). Marketing Stimuli Black Box Target Audience Respon. E-Proceeding of Management, 4(3), 2434–2441.
Direktorat Jenderal Hortikultura. (2019). Kementan Kembangkan Kawasan Buah Tropis Berorientasi Ekspor. http://horti.pertanian.go.id/eksotik/rilis/show?id=379
Ditjen Hortikultura. (2001). Kebijakan Strategi dan Pengembangan Produksi Hortikultura: Rencana Strategis dan Program Kerja Tahun 2001-2004.
Dumarçay, J. (2018). Surakarta. Oxford Art Online, 98–110. https://doi.org/10.1093/gao/9781884446054.article.t082385
Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2006). Perilaku Konsumen, (Jilid 2). Binarupa Aksara.
Engel J.F. Blackwell R.D dan P.W Miniard. (1995). Translation of Consumer Behafior (Six). The Dryden Press.
Gaspersz, V. (2001). Ekonomi Managerial Pembuatan Keputusan Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, I., & Latan., H. (2012). Partial Least Squares “Konsep, Metode dan Aplikasi” menggunakan program WarpPLS 2.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Pearson Education Limited.
Handoko, T. H. (2000). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia (2nd ed.). BPFE.
Isaskar, R., Darwanto, D. H., Waluyati, L. R., & Irham. (2019). Consumer Satisfaction on Mocaf (Modified Cassava Flour) Based Food Products in Supporting Industrial Revolution 4.0: SEM Approach. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 546(5), 0–9. https://doi.org/10.1088/1757-899X/546/5/052033
Kementrian Pertanian Republik Indonesia. (2018, February). Indonesia Bisa Jadi Negara dengan Angka Inflasi Pangan Terendah di Dunia.
Kementrian Pertanian Republik Indonesia. (2021). Pandemi Covid-19 Jadi Momen Mendongkrak Bisnis Hortikultura. https://www.pertanian.go.id/home/?show=news&act=view&id=4382
Keren, K., & Sulistiono, S. (2019). Pengaruh Motivasi, Budaya, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(3), 319–324. https://doi.org/10.37641/jimkes.v7i3.284
Kotler, P. (1993). Translation of Marketing Management Analysis, Planning, Implementation, and Control. In Manajemen Pemasaran (Seven). Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. (jilid 1 da). PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip, & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Koutsoyiannis. (1982). Modern Microeconomic. The Mac Milan Press LTD.
Kusnandar, viva budi. (2020, January). Proyeksi Jumlah Penduduk 2020 Menurut Provinsi.
Lupiyoadi. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Salemba Empat.
Malang, B. K. (2019). Kabupaten Malang Dalam Angka.
Mowen, JC. And Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen (L. Salim (ed.); Kelima). Penerbit Erlangga.
Nofri, O., & Hafifah, A. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Online Shopping Di Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 113–132. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.5054
Novianti. (2003). Analisis Dampak Kebijakan Pemerintahan Terhadap Daya Saing Komoditas Unggulan Sayuran. In Tesis. Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.
Poerwanto, R., Susanto S, dan S, Setyati, H. (2002). Pengembangan Jeruk unggulan Indonesia.
Robbins SP, dan J. (2007). Perilaku Organisasi. Salemba Empat.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Penerbit Andi.
Santoso, A. (2011). Serat Pangan (Dietary Fiber) Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. J.
Published
2023-08-05
How to Cite
Ambar, S., & Nurdyawati, R. (2023). Perilaku Konsumen dalam Pembelian Buah Apel Lokal dan Impor di Kota Malang. Sigmagri, 3(1), 49-56. https://doi.org/10.32764/sigmagri.v3i1.961
Section
Articles