ANALISIS STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN

(Studi Kasus Toserba Dana Berkah)

  • Novi Isniatul Asro Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Keywords: Analisis SWOT, Penjualan, Strategi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan analisis strategi pemasaran (SWOT) dapat meningkatkan penjualan pada Toserba Dana Berkah. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 10 juni 2020 yang bertempat di Toserba Dana Berkah. Analisis SWOT adalah suatu rencana dan taktik yang sistematis dan terstruktur yang harus dipikirkan secara matang dan terperinci yang dapat berkembang dari waktu ke waktu sebagai pola dari arus keputusan yang bermakna dengan mengejar pasar sasaran khususnya bagi Toserba Dana Berkah. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif berupa perhitungan analisis yang berhubungan dengan SWOT serta didukung oleh konsep analisis SWOT yang berupa matrik EFAS, matrik IFAS, matrik Grand Strategy dan matrik SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah perhitungan IFAS dan EFAS yang berada di posisi kuadran I, ini menunjukkan situasi yang sangat menguntungkan. Toserba Dana Berkah Ngusikan Jombang memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Berdasarkan hasil penelitian yang ada pada hasil dan pembahasan mengemukakan hipotesa bahwa penerapan analisa SWOT mempengaruhi penjualan pada Toserba Dana Berkah dikarenakan konsep kekuatan dan peluang yang dimiliki lebih unggul dibandingkan swalayan lainnya yang berada di Ngusikan Jombang sehingga dapat menekan kelemahan dan ancaman yang di hadapi oleh Toserba Dana Berkah.

References

Kasmir dan Jakfar. 2014. Studi Kelayakan Bisnis. (Edisi Revisi). Jakarta: Prenadamedia Group

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. (Edisi 13. Jilid 1). Jakarta: Erlangga

Rangkuti, Freddy. 2008. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sudjoni. 2016. Manajemen Usaha Kecil. Malang: Unisma Press
Published
2021-06-06
How to Cite
Asro, N. (2021). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN. SigmAgri, 1(01), 35-45. Retrieved from https://ojs.unwaha.ac.id/index.php/sigmagri/article/view/469