EFISIENSI SALURAN PEMASARAN DURIAN (Durio zibethinus) DI DESA MLANCU KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN KEDIRI

  • Siti Nur Kholifah Universitas KH A Wahab Hasbullah
Keywords: Durian,, Efisiensi Pemasaran, Farmer’s Share, Marjin Pemasaran, Saluran Pemasaran

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Farmer’s Share, Marjin Pemasaran dan Efisiensi Pemasaran durian di Desa Mlancu Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. Metode penelitian dan pengumpulan data pada penelitian ini adalah survey, observasi dan wawancara pada 178 antara lain petani, pedagang, tengkulak, penebas menjadi responden. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2019. Saluran pemasaran durian di Desa Mlancu Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri terdapat IV saluran pemasaran. Saluran pemasaran paling banyak di lakukan oleh petani dan lembaga pemasaran adalah  saluran II yaitu sebanyak 85 orang atau 47,7%, kemudian pada saluran III sebanyak  45 orang atau 25,3% diikuti pola IV sebanyak  22 orang atau 12,4% dan 26 orang pada saluran pemasaran I atau 14,6%. Nilai farmer’s share yang diperoleh pada saluran pemasaran I 100%, saluran pemasaran II sebesar 71,4 %, saluran pemasaran III sebesar 62,5%, dan saluran pemasaran IV sebesar 33,3%. Pada nilai marjin pemasaran, saluran pemasaran I tidak adanya marjin pemasaran dikarenakan petani langsung memasarkan durian kepada konsumen, sehingga tidak ada lembaga pemasaran yang terlibat. Sedangkan margin pemasaran pada saluran ke II sebesar Rp 10.000,00/ buah, saluran pemasaran III Rp15.000,00/ buah dan saluran pemasaran yang ke IV sebesar Rp 30.000,00/ buah. Saluran pemasaran durian di Desa Mlancu Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri sudah efisien.

References

Abidin, Zainal. 2015. Aluran Pemasaran Dan Efisiensi Biaya Serta Pendapatan Usahatani Tembakau Terhadap Kontribusi Pendpatan Keluarga di Desa Brani Kulon Progo Probolinggo. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Jember.
Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta. 2012. Standard Operating Procedure (SOP) Durian. Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta, Yogyakarta
Ditjen Hortikultura, 2013. Pedoman Umum Pengembangan Hortikultura Tahun 2012,Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian.
Muslim, C. dan V. Darwis. 2012. Keragaan Kedelai Nasional dan Analisis Farmer Share serta Efisiensi Saluran Pemasaran Kedelai Di Kabupaten Cianjur. Jurnal Sepa. 1(9) : 7 – 9.
Pasaribu, A. M. 2012. Perencanaan & Pasaribu, A. M. 2012. Perencanaan & Evaluasi Proyek Agribisnis.Andi, Yogyakarta.
Roesmawaty, H. 2011. Analisa Efisiensi Pemasaran Pisang di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu. JurnalAgrobsnis. 3(5) : 1-9.
Tjiptono, Fandi. 2014 pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta
Widiastuti, N. dan M. Harisudin. 2013. Saluran dan Marjin Pemasaran Jagung di Kabupaten Grobogan.Jurnal SEPA 9 (2) : 231 – 239.
Published
2021-06-06
How to Cite
Kholifah, S. (2021). EFISIENSI SALURAN PEMASARAN DURIAN (Durio zibethinus) DI DESA MLANCU KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN KEDIRI. SigmAgri, 1(01), 28-34. Retrieved from https://ojs.unwaha.ac.id/index.php/sigmagri/article/view/468