STRATEGI PENGEMBANGAN SAMBAL PECEL “SPECIAL” BU SUYATIN DI KELURAHAN NGADIREJO KECAMATAN KEPANJENKIDUL KOTA BLITAR
DOI:
https://doi.org/10.32764/sigmagri.v5i1.1544Keywords:
Strategi Pengembangan, Sambal Pecel, Analisis SWOTAbstract
Penelitian berjudul “Strategi Pengembangan Sambal Pecel “SPECIAL” Bu Suyatin di Desa Ngadirejo Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar“. Lokasi Penelitian terletak di Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar, tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana strategi alternatif yang tepat untuk usaha sambal pecel Bu Suyatin. Metode analisis yang di gunakan adalah metode analisa SWOT dengan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan penelitian hasil yang di dapat adalah sebagai berikut: hasil wawancara terhadap responden menunjukan Kekuatan dari usaha ini adalah harga terjangkau, tanpa pengawet, memiliki sertifikat halal dan PIRT, kemasan beragam, lokasi strategis, bahan pebuatan mudah di temui, produk memiliki manfaat. Kelemahan yang dimiliki kurang aktif dalam media sosial, peralatan manual, kurang varian, kemasan kurang menarik, sdm kurang, produk mudah rusak. Peluang yang ada dapat dinikmati semua kalangan, peluang pasar terbuka, mampu bersaing, dukungan dari pemerintah, keyakinan konsumen pada produk, permintaan tinggi. Ancaman berupa bencana alam, pengaruh musim pada panen bahan baku, kebijakan PIRT, muncul saingan, pemadaman listrik, standardidasi mutu, konsumen mulai bosan. Startegi pengembangan altrnatif yang di rekomendasikan adalah strategi S-O yaitu mempertahan kualitas produk dengan tetap menjaga harga yang terjangkau, memanfaatkan keyakinan konsumen akan kualitas dan varian rasa yang sudah ada untuk mempertahankan konsumen dan menghadapi pesaing lain, memanfaatkan keunggulan sertifikasi halal dan PIRT untuk menunjang promosi produk, memanfaatkan berbagai ukuran kemasan untuk menarik konsumen baru mulai dari konsumen rumah tangga sampai pedagang.
Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Sambal Pecel, Analisis SWOT
References
Aliyah, A. H., 2022. Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64-72.
Candrianto. 2021. Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar. Malang: Penerbit Literasi Nusantara Malang.
Damayanti D. S., S. Jannah, Margianto, B. Budiya. 2022. Peningkatan Usaha Sambel Pecel di Kelurahan Kedungkandang Kota Malang. Reswara Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2023, 4(1), 86-93
Diana F. L. 2023. Strategi Peningkatan Usaha UMKM Sambel Pecel “Bu Minten” dalam Menghadapi Persaingan Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Ponorogo. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Badan Pusat Statistik Kota Blitar. 2020. Industri Komoditi Andalan per Kecamatan. https://blitarkota.bps.go.id. [Maret 2021].
Budio S. 2019. Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata 2, no. 2 hal-58.
Fakhri R. A. 2021. Pengaruh Keadilan Organisasi, Pengembangan Karir dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Kasus Pada PT. Pertamina Training and Consulting). Jakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
Fatmawati F. 2024. Analisis Usaha Pengemasan Sambal Pecel “Pecels Pride” di Desa Tegalsari Kabupaten Banyuwangi. Jember. Politeknik Negeri Jember
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang. Universitas Diponegoro
Handayani W. P.P., V. W. T. Prasetyo. 2021. Analisis Manajemen dan Strategi Usaha Sambal Pecel (Studi Kasus Kelompok Usaha Sambal Pecel Dasa Wisma Delima dan Larasati Madiun). Surabaya: Widya Warta, Vol. 2 (2021): No. 02 Tahun XLV/Juli 2021
Haryani D. 2022. Implemestasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah Terhadap Pengembangan Usaha Anyaman Rumbai di Desa Sidang Mas Banyuasin III Kabupaten Banyuasin. Jurnal Ilmiah Administrasi Dan Sosial, 17(2), 76-88.
Hartatik, W. Widyani, A. Syafrianto, Harliana. 2021. Peningkatan Pemasaran Usaha Kecil Pecel Blitar Bu Jub Melalui Media Internet. Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika Vol. 1, No. 2 November 2021, Hal. 48-55.
Husniar F., T. R. Sari, A. M. Safira, E. R. Kamila. 2023. Strategi Pengembangan Produk Baru Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi (JURIMA) - Vol. 3 No. 2 Agustus 2023.
Indrasari M. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya. Universitas Dr. Soetomo
Kunhadi D. 2023. Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Sambal Pecel Khas Magetan Dalam Rangka Menciptakan Competitive Advantages. MANEKIN Vol. 1 No. 4 Halaman 268-276.
Mardiyana. 2022. Strategi Pengembangan Usaha dengan Metode Analisis SWOT pada Home Industri Wen-Dang Jahe di Kabupaten Kukar. Samarinda: eJournal Administrasi Bisnis, Volume 10, Nomor 1, 2022.
Mayliana G. 2020. Strategi Industri Berdasarkan Analisis Rasio Keuangan (DER, ROE dan EPS), Kurs, Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Return Sahan dan Analisis SWOT pada Sektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi Periode 2013-2018. Bandung. Universitas Telkom
Nisa F. L., Y. S. Chumayda, Marceto. 2022. Upaya Peningkatan Pemasaran Produk UMKM Sambel Pecel Bundaku Melalui Strategi Branding Product pada Kelurahan Ngagel. Jurnal Pengabdian Masyarakat 2022, Vol.2 No.1. 2022: 97-101
Prasetyo V. W. T. 2023. Analisis Strategi Usaha Sambal Pecel Lumpang Mas Kota Madiun. Surabaya. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Rahman M. R., M. R. Oktavianto, Paulinus. 2021. Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia. Pontianak. Universitas Tanjungpura
Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta : PT.Gramedia.
Sanaky M. M., L. M. Saleh, H. D. Titaley. 2021. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama MAN 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik Vol 11, No. 1, Juni 2021.
Sistem Informasi Penyajian Data Kependudukan Kota Blitar. 2024. Jumlah Penduduk Berdasarkan Status Perkawinan dan Jenis Kelamin Kota Blitar. https://simpedak.blitarkota.go.id. [2024]
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Susilowati, K. A. S. Putri. 2024. Strategi Pembangunan Ekonomi Daerah. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu Volume 2 ; Nomor 1 ; Januari 2024 ; Page 257-261.
Timpal E. T. V., A. B. Pati, F. Pangemanan. 2021. Strategi Camat Dalam Meningkatkan Perangkat Desa di Bidang Teknologi Informasi di Kecamatan Ratahan Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Governance Vol.1, No. 2.
Trimintarsih T. 2024. Strategi Internal dan Eksternal UMKM Sambal Pecel Madiun dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal PETA Vol, 9 No. 2 Juli 2024.
Wibowo N., , B. E. Setiani, dan A. Hintono . 2018. Karakteristik Hedonik Sambal Pecel Hasil Substitusi Kacang Tanah (Arachis hypogaea) dengan Kacang Hijau (Vigna Radiata L). Jurnal Teknologi Pangan, 2(1), 46–49.
Widyaningsih H. 2013. Partisipasi Hotel Menyajikan Makanan Tradisional Untuk Memperkenalkan Kuliner Yogyakarta. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 4(2), 49-57.
Wohlin C., K. Felizardo, E. Mendes, M. Kalinowski. 2020. Guidelines for the Search Strategy to Update Systematic Literature Reviews in Software Engineering. In Journal of Information and Software Technology. https://www.researchgate.net. [September 2020]
Yolanda C. 2024. Peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 2 No. 3 Edisi Januari 2024 – April 2024.
Yulistria R., Rosento, E. P. Handayani, I. H. Susilowati, S. Aulia. 2023. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada PT Mitra Bangun Perwira. Jurnal Swabumi Vol.11 No.1 Maret 2023, 13 – 22.
Yusuf M. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : Prenadamedia Group.