Analisis Pendapatan Usahatani Ubi Jalar Di Kecamatan Koto Tengah Kota Padang

  • Angelia Leovita Universitas Tamansiswa
  • Sukma Zulmi Sintya
  • Dian Fauzi
Keywords: efisiensi, Pendapatan, Ubi jalar

Abstract

Ubi jalar merupakan salah satu komoditas subsektor tanaman pangan yang berperan dalam pembangunan sektor pertanian dan perekonomian Indonesia. Tujuan penelitian untuk menganalisis pendapatan, efesiensi dan BEP usahatani ubi jalar di Kecamatan Koto Tangah. Responden yang digunakan ditentukan secara non probability sampling dengan metode sampling incidental, sampel yang diambil sebanyak 30 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis penerimaan, pendapatan dan analisis kelayakan usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan usahatani ubi jalar yang dilakukan di Kecamatan Koto Tangah adalah sebesar Rp. 1.323.950dan nilai R/C 1,39 berdasarkan nilai R/C yang diperoleh menunjukkan bahwa usahatani ubi jalar layak untuk diusahakan. Biaya terbesar yang dikeluarkan oleh petani responden mentimun adalah biaya tenaga kerja dalam keluarga. Impas nilai (BEP) produksi usahatani ubi jalar di Kecamatan Koto Tangah yaitu sebesar 351,86. Sedangkan titik impas harga sebesar Rp. 2.507/kg

References

Badan Pusat Statistik. (2020). Indonesia dalam Angka 2020. BPS Indonesia.
Badan Pusat Statistik. (2020). Kota Padang dalam Angka 2020. BPS Kota Padang.
Badan Pusat Statistik. (2020). Kecamatan Koto Tangah dalam Angka 2020. Kota Padang BPS Kecamatan Koto Tangah
Leovita, A., Asmarantaka, R. W., & Daryanto, H. K. S. (2015). Analisis Pendapatan dan Efisiensi Teknis Usahatani Ubi Jalar di Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness), 3(1), 11-24.
Mariyam, Y., Hidayati, S. (2009). Deversifikasi Konsumsi Pangan Masyarakat Kota Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Mipa Universitas Negeri Yogyakarta.
Mubyarto. (1995). Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES.
Rahim, A., Hastuti, R. D. R. (2008). Pengantar Teori dan Kasus Ekonomi Pertanian. Penerbit Swadaya.
Soekartawi., Soeharjo, A., Dillon, J. L., Hardaker, J. B. (1986). Ilmu Usahatani dan Penelitian untuk Pengembangan Petani Kecil. UI Pres.
Saputra, B. (2019). Analisis Struktur Biaya, Pendapatan Usahatani dan Pemasaran Mentimun di Kecamatan Way Sulan Kabupaten Lampung Selatan. Skripsi. Universitas Lampung.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta.
Veriandesky, F., Leovita, A., & Dermawan, A. (2021). Analisis Pendapatan Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Usahatani Mentimun (Cucumis Sativus L) Di Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Agricore: Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 6(2).
Published
2023-08-05
How to Cite
Leovita, A., Sintya, S., & Fauzi, D. (2023). Analisis Pendapatan Usahatani Ubi Jalar Di Kecamatan Koto Tengah Kota Padang. Sigmagri, 3(1), 41-48. https://doi.org/10.32764/sigmagri.v3i01.901
Section
Articles