Penentuan Keputusan Pembelian Singkong Keju di Cikarang Utara Kabupaten Bekasi

  • Rosdiana Septiani Rosdiana Septiani
  • Fadila Marga Saty
  • Bina Unteawati
Keywords: singkong keju, keputusan konsumen, keputusan pembelian

Abstract

This study aims to explain the consumer characteristics of cassava cheese, analyze the influence between price, product quality, service quality and promotion in determining consumer decisions in purchasing cheese cassava and the level of consumer satisfaction. The sampling method was determined by Proportional Cluster Random Sampling, the respondents were 52 consumers of cassava cheese. The data analysis technique used is descriptive analysis, regression analysis, Importance Performance Analysis (IPA) and Net Promoter Score (NPS). The results showed that the characteristics of cassava cheese consumers were 57.69% consisting of women aged 21-25 years, as many as 38.46% working as students had an income of Rp 0-500,000/month. There are 9 levels of consumer satisfaction (affordable prices, prices according to product quality, good taste, suitable for consumption, attractive appearance, satisfactory quality, fast serving, fast serving and friendly with buyers). The NPS value of 36% as many as 24 people means that consumers make repeat purchases and are willing to recommend

References

Anggara, S. S. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Buah Pepino (Solanum Muricatum) di Supermarket Brastagi, Kota Medan. Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Skripsi.
Apriyani, M., dan Saty, F. M. (2013). Pengaruh faktor internal konsumen terhadap keputusan pembelian sayuran organik. Jurnal Ilmiah ESAI, 7(3).
BPS. (2021). Kabupaten Bekasi dalam Angka 2021. BPS Kabupaten Bekasi, Bekasi. 270 hal
Frestinata, K. dan Nuswantara, B. (2019). Penentuan Keputusan Pembelian Singkong D9 di Salatiga atas Dasar Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Promosi dan Lokasi. Agrika: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian. 13(2), 79–89.
Hardiyanti, F., Saty, F.M., dan Unteawati, B. (2022). Analisis Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Organik di Lampung. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA). 6(1):209-217
Harsita, P. A. dan Amam, A. (2019). Analisis Sikap Konsumen terhadap Atribut Produk Olahan Singkong. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 3(1), 19–27.
Helmi, S., Annisa, M., dan Hadiam. A. (2016). Generasi Millennial : Net Promoter Score dan Net Emotional Value. Prosiding Dies Natalis. Halaman 1-12.
Hidayata, F., Maduwinarti, A., dan Andayani, S. (2016). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kemasan terhadap keputusan pembelian kukus singkong keju mojokerto (studi kasus umkm kukus singkong keju soeharto mojokerto). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis. 2(2):1-26.
Ibrahim, A., Alang, A.H., Madi, Bahruddin, Ahmad, M.A., dan Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadarma Ilmu. Makassar
Janie, D. N. A. (2012). Statistik Deskriptif & Regresi Linear Berganda dengan Spss. Semarang University Press. Semarang. 52 hal.
Kosmedi, I. (2014). Pengukuran Loyalitas Pelanggan pada Produk-Produk Top Brand Indonesia dengan Metode Net Promoter Score. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara, 130 hal.
Maimunah, S. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, cita rasa terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. Jurnal IqtishaDequity. 1(2):57-68
Maulana, A.S. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan PT.TOI. Jurnal Ekonomi. 7(2):113-125
Nurmalina, R., Yulianti, C., Fitri, Utami, A.D., Sari, R.M., Risenasari, H., Siwang, R.S., Khotimah, H., Rosiana, N., Rachman, A., dan Hasibuan, M. (2015). Pemasaran : Konsep dan Aplikasi. IPB Press. Bogor. 33 hal.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., dan Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistika Penelitian. Sibuku Media. Yogyakarta. 177 hal.
Oktriwina. A.S. (2021). Metode riset apa yang cocok untuk untuk riset pasarmu?. https://glints.com/id/lowongan/random-sampling-adalah/#.Yq5YgXZBzIUdiakses tanggal 19 Juni 2022
Pratama, F. A., dan Maria. (2020). Segmentasi Konsumen Produk Singkong Keju D-9 Salatiga. Prosiding Seminar Nasional. Halaman 261-269.
Rojanah, S. (2019). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Makanan Ringan Snack Lumpia Roll di Komplek Mega Regency - Serang Baru (Studi Kasus Umkm Snack Lumpia Roll. Universitas Pelita Bangsa Bekasi. Skripsi
Rosadi, I. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen di Kabupaten Nagan Raya. Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar. Skripsi
Sirait, M. B., dan Nuswantara, B. (2021). Analisis perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian singkong keju di Argotello Salatiga. Jurnal Ziraa'ah. 46(3):343-351
Situmorang, S. H., Annisa, M. dan Hadian, A. (2016). Generasi Milenial : Net Promoter Score dan Net Emotional Value. Prosiding Dies Natalis FEB USU. 100–107 hal.
Stefano, B.A. (2019). Analisis determinasi brand loyalty singkong keju d-9. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). 10(2) : 247-266
Sulistyo, H. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Sektor Industri Pengolahan Kabupaten Bekasi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 7(2), 15–22.
Suprihati dan Utami, W.B. (2012). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian mobil pribadi di kelurahan Gonilan kabupaten Sukoharjo. Jurnal Paradigma. 13(1):104-116
Yola, M., dan Budianto, D. (2013). Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan harga produk pada supermarket dengan menggunakan metode importance performance analysis (IPA). Jurnal Optimasi Sistem Industri. 12(1) : 301-309.
Published
2022-12-31
How to Cite
Septiani, R., Saty, F., & Unteawati, B. (2022). Penentuan Keputusan Pembelian Singkong Keju di Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Sigmagri, 2(2), 125-136. https://doi.org/10.32764/sigmagri.v2i02.820