Inovasi Pemasaran Kain Tenun Ikat Desa Maubesi Kecamatan Insana Tengah Kabupaten Timor Tengah Utara

  • Lambertus Nesi Bria Universitas Timor
  • Bazelia Maria N. Da Conceicao
Keywords: Kain tenun, Inovasi, Pemasaran

Abstract

Kabupaten Timor Tengah Utara didiami oleh suku Atoni yang di mana memiliki beragam corak tenun ikat. Tenun ikat yang berada di Kabupaten Timor Tengah Utara saat ini mulai memudar, disebabkan oleh proses pembuatannya yang memakan waktu cukup lama. Tujuan Penelitian untuk mengetahui tentang kondisi pengrajin kain tenun dan cara memasarkan kain tenun agar dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat di Desa Maubesi Kecamatan Insana Tengah Kabupaten Timor Tengah Utara. Data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kain tenun ikat memiliki nilai ekonomi yang dapat mendukung kebutuhan rumah tangga dengan motif buna memiliki harga jual beli Rp. 1.000.000-6.000.000. Motif sotis kuib tenu Rp. 200.000-550.000, dan motif sotis mateta Rp. 200.000-550.000. Bahan baku pembuat kain tenun didapat dari toko, pasar, dan kios-kios terdekat. Kemudahan mendapatkan bahan baku pembuat kain tenun ikat ini menjadi salah satu keuntungan bagi produsen. Proses pembuatan kain tenun saat ini memakan waktu lebih singkat yaitu emam bulan untuk motif buna. Sedangkan untuk motif sotis kuib tenu, dan motif sotis mateta memakan waktu selama 2-4 minggu. Inovasi pemasaran yang dilakukan sehingga dapat memberikan kepuasan terhadap konsumen adalah mengunggah hasil kain tenun tersebut dengan menaruh caption “ BISA COD“. Para penjual online mengatakan COD dengan kata lain “bisa di bayar di rumah dengan mencoba terlebih dahulu jika menyukainya boleh diambil, dan jika tidak menyukainya tidak mengapa”.

Kata Kunci: Buna, Inovasi, Kuib Tenu, Mate, dan Pemasaran

References

Baga, N. &. (2012). Analisis Daya Saing dan Strategi Pengembangan Agribisnis Teh Indonesia. Forum Agribisnis : Agribusiness Forum, 2(1), 33–52. https://doi.org/10.29244/fagb,2,1,%p
Dana, S., Gah, A. M., Rachmawati, D., & Lao, H. A. (2020). Peningkatan Ekonomi Melalui Inovasi Usaha Tenun Ikat di Desa Nunleu, Nusa Tenggara Timur. Proceeding Senadimas Undiksha, 843–851.
Fuadi, M. Z. R. H., & Diniyanto, A. (2022). Evaluasi Sistem Cash On Delivery Demi Meningkatkan Kepastian Hukum Dalam Perkembangan Transaksi Elektronik di Indonesia. IPMHI Law Journal, 2(2), 251–264.
Khoiriyah, N., Widodo, J., & Ani, H. M. (2017). Strategi Bauran Pemasaran Kerajinan Tenun Ikat Pada Cv. Silvi Mn Paradila Di Desa Parengan Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(1), 91. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i1.5007
Ndapa Deda, Y., & Disnawati, H. (2017). Hubungan Motif Kain Tenun Masyarakat Suku Dawan-Timor Dengan Matematika Sekolah. Prosiding, Knpmp Ii, 18–2017.
Nurcahyani, L. (2018). Strategi Pengembangan Produk Kain Tenun Ikat Sintang. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 56–72. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.530
Pratiwi, A. A. M. (2021). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Online Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(2), 73–81.
Pulungan, E. (2016). Pengembangan Tenun Ikat Komunitas Kaine’E Provinsi Nusa Tenggara Timur Melalui Model Quadruple Helix. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 7(2), 199–208. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/1291/712
Putra, P. P. (2016). Evaluasi Bauran Promosi Pada Perusahaan Invynia. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 514–520.
Setiawan, B., & Suwarningdyah, N. R. . (2014). Provinsi Nusa Tenggara Timur Strategy for Development of Kupang Ikat Woven. Pendidikan Dan Kebudayaan, 353–367.
Telagawathi, N. L. W. S. (2014). Inovasi Pemasaran dan Penciptaan Pasar Kain Tenun Endek di Kabupaten Klungkung. Seminar Nasional Riset Inovatif II, 875–890.
Utami et al., 2021. (2021). IKLIM ORGANISASI KELURAHAN DALAM PERSPEKTIF EKOLOGI. 1(12), 2737–2742.
Z, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Penjualan Online Shop Skincare Pada @PRELOVED.BYLULS. Jurnal Penelitian Humano, 12(2), 1–10.
Published
2022-12-30
How to Cite
Bria, L., & Conceicao, B. M. N. D. (2022). Inovasi Pemasaran Kain Tenun Ikat Desa Maubesi Kecamatan Insana Tengah Kabupaten Timor Tengah Utara. Sigmagri, 2(2), 85-91. https://doi.org/10.32764/sigmagri.v2i02.672