Pemetaan Image Konsumen Terhadap Buah Durian Bajul Di Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk
Abstract
ABSTRACT
This research aims to identify the purchasing decision process, analyze the factors that influence purchases, and map consumer image of the Bajul durian fruit. This research was carried out in Sawahan sub-district, Nganjuk Regency. Samples were taken using the Accidental sampling method. Data were analyzed using descriptive and correspondence methods. The research results show that the durian purchasing decision process consists of five stages, namely need recognition, information search, alternative evaluation, purchasing decision process, and post-purchase behavior. Based on correspondence analysis, it was found that several attributes were similar to other durian varieties.
Keywords: consumer preferences; durian; correspondence
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses keputusan pembelian, menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi pembelian, dan peta Image konsumen terhadap buah durian Bajul. Penelitian ini dilaksanakan di kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. Sampel diambil dengan metode Accidental sampling. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan korespondensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses keputusan pembelian durian terdiri dari lima tahap yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, proses keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Berdasarkan analisis korespondensi didapatkan kemiripan beberapa atribut pada varietas durian lainnya.
Kata Kunci : preferensi konsumen; durian; korespondensi
References
Arji, D. U., Ratniarsih, I., & Arsitektur, J. (2015). Penerapan Tema Arsitektur Berwawasan Lingkungan Nganjuk. 637–644.
Badan Pusat Statistik. (2022). Produksi Tanaman Buah-Buahan. In Jakarta (pp. 335–358). https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/960.
Baladina, N., Anindita, R., & Putri, A. R. (2011). Analisis Efisiensi Pemasaran Durian Di Desa Wonoagung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Habitat, XXII(1), 1–10.
Feng, J., Wang, Y., Yi, X., Yang, W., & He, X. (2016). Phenolics from durian exert pronounced NO inhibitory and antioxidant activities. Journal of Agricultural and Food Chemistry, 64(21), 4273–4279. https://doi.org/10.1021/acs.jafc.6b01580
Indo_163_15639670. (n.d.).
Khasan, U., & Fauziyah, E. (2019). Pemetaan Image Konsumen Terhadap Produk White Coffee Di Hypermart Bangkalan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(2), 78–88. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.2.78-88
Mindari, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Roti Isi Krim Durian (Jordan Bakery) Di Desa Rantau Sialang Kecamatan Sungai Keruh. Jurnal Ekonomika, 11(2), 46–61. https://doi.org/10.35334/jek.v11i2.1437
Najira, N., Selviyanti, E., Tobing, Y. B., Kasmawati, K., Sianturi, R., & Suwardi, A. B. (2020). Diversitas Kultivar tanaman Durian (Durio zubethinus Murr.) Ditinjau dari Karakter Morfologi. Jurnal Biologi Tropis, 20(2), 185–193. https://doi.org/10.29303/jbt.v20i2.1871
Padmasana, G. F. (2016). Dampak Sosial Ekonomi Pengembangan Objek Wisata Alam Air Terjun Sedudo Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk (1992-1997). Journal Pendidikan SejarahJournal Pendidikan Sejarah, 4(3), 1171–1184.
Pangastuti, A., Mukid, M. A., & Sudarno. (2013). Pemetaan Persepsi Merk Laptop Di Kalangan Mahasiswa Menggunakan Analisis Korespondensi Berganda. Journal of Mathematics, 2(PEMETAAN PERSEPSI MERK LAPTOP DI KALANGAN MAHASISWA MENGGUNAKAN ANALISIS KORESPONDENSI BERGANDA), 167–176.
Rusmiati, R., Sari, S. G., & Amalia, K. R. (2021). Analisis Kandungan Proksimat Daging Buah dan Biji Tiga Varietas Durian (Durio zibethinus Murr.) yang Berasal dari Tempat Tumbuh yang Berdekatan. Bioscientiae, 18(1), 1. https://doi.org/10.20527/b.v18i1.4063
Sayyidah, B. E., Soetriono, S., & Sugeng, R. (2017). Karakteristik Dan Preferensi Konsumen Durian Lokal Di Kabupaten Jember. Jurnal Agribest, 1(2), 125–135. https://doi.org/10.32528/agribest.v1i2.1152
Simamora, B. (2002). Panduan riset perilaku konsumen. Gramedia Pustaka Utama.
Sumarwan, U. (2003). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Language, 368, 245cm.
Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran.
Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke-2. Indeks. Jakarta.
Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi ke-2. Indeks. Jakarta.
Kotler dan Amstrong. 2007. Dasar Dasar Pemasaran. Edisi kesembilan. PT. Indeks. Jakarta.
Najiyati, S dan Danarti. 2004. Budidaya Kopi dan Penanganan Pascapanen. Edisi revisi. Penebar Swadaya. Depok
Pangastuti A. Mukid Abdul M dan Sudarno. 2013. Pemetaan persepsi merk laptop di kalangan mahasiswa menggunakan analisis korespondensi berganda. (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Dipenogero Semarang). Jurnal Gaussian. Vol 2 (3): 167-176
Rukhbaniyah Yuni L. Utami Panuntun D dan Wicaksono Agus I. 2013. Perilaku konsumen terhadap kopi tubruk dan kopi instant di kecamatan Pejagon kabupaten Kebumen. Jurnal Surya Agritama. Vol 2(1): 31-40
Salaki Tineke D. 2007. Kecenderungan konsumen memilih merek rokok dengan analisis korespondensi. Jurnal Ilmiah Sains. Vol 7 (1) : 87-92
Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat : Jakarta
Schiffman L G. & Kanuk, L. L. ( 2010). Consumer behavior. Ed. New Jersey: Prentice Hall.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta : Bandung.
Sumarwan, U. 2002. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapanya dalam Pemasaran. PT. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapanya dalam Pemasaran. PT. Ghalia Indonesia, Jakarta.
Suprapti, Ni Wayan S. 2010. Perilaku Konsumen. Udayana University Press. Denpasar.
Ulfah M. 2011. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Proses Keputusan Pembelian Pelumas Fastron PT. Pertamina. Skripsi. Program Studi Manejemen. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Intitut Pertanian Bogor. Bogor