Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (I). CV. Syakir Media Press.
Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Nur El-Islam, 1(2), 48–58.
Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan kekurangan kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah dalam perspektif historis. Mukadimah, Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7, 111–117. http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd
Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System ( LMS ). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 01, 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694
Darmadi, Sekarsari, K., Jannah, M., Aulia, R., & Saskia F, M. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 pada Masa Pandemi COVID-19. Innovative: Research & Learning in Primary Education, 1(2), 399–402. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/Innovative/article/view/3013
Hr, S., & Wakia, N. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 175–184.
Idhartono, A. R. (2022). Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 91–96.
Insani, F. D. (2019). Sejarah Perkembangan Kurikulum Di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43–64. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132
Jannah, F., Irtifa, T., & Zahra, P. F. A. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022. Al Yazidiy: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan, 4(2), 55–65.
Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 9–46. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344
Kiptiyah, M., Sukarno, S., & El Widdah, M. (2021). Sejarah Perkembangan Kurikulum Pendidikan Islam Di Indonesia (Analisis Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam). Jurnal Literasiologi, 6(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v6i2.256
Muhammedi. (2016). Perubahan kurikulum di indonesia : studi kritis tentang upaya menemukan kurikulum pendidikan islam yang ideal. Raudhah, IV(1), 49–70.
Purwananti, Y. S. (2016). Peningkatan Kualitas Pendidikan Sebagai Pencetak Sumber Daya Manusia Handal. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education), Vol. 1, 220–229.
Putra, A. (2017). Mengkaji dan Membandingkan Kurikulum 7 Negara (Malaysia, Singapura, Cina, Korea, Jepang, Amerika dan Finlandia). Jurnal Penelitian Pendidikan, 1–21.
Rahmawati, I. M., & Rusdianah, L. (2021). Analisis Kurikulum Berdasarkan Kebijakan. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 9(2), 68–89.
Rohman, A. (2015). Perbandingan Konsep Kurikulum Ktsp 2006 Dan Kurikulum 2013 (Kajian Standar Isi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Jenjang Smp). Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih Journal of Science Education, I, 115–132.
Trisnawati, Gunawan, D., & Nongkeng, D. H. (2016). Perbandingan Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Kurikulum 2013 Di SMAN 1 Sinjai Utara. Jurnal Mirai Management, 1(September), 1–9. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/1/1
Uran, L. L. (2018). Evaluasi implementasi KTSP dan Kurikulum 2013 pada SMK se-Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.13309
Yusuf, W. F. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (Sd). Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 3,(20), 263–278.